Senin, 21 Oktober 2013

Skripsi - Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang Masalah

Sudah menjadi hukum bahwa dua orang manusia dengan jenis kelamin yang berbeda, seorang perempuan dan seorang laki-laki, ada daya saling menarik satu sama lain untuk hidup bersama. Hidup bersama ini sangat penting didalam masyarakat. Dengan akibat esensil ialah bahwa kalau kemudian pasangan ini dikaruniakan anak-anak yang menjadi keturunan mereka dan terbentuk lah  keluarga tersendiri. Perkawinan tidak dapat terlepas dari hukum perkawinan yang berlaku  didalam suatu negara, tetapi hal ini tidak berarti bahwa sifat  keseluruhan dari suatu perkawinan dapat terlihat semua dalam peraturan hukum itu. Dalam hukum adat Karo perkawinan tidak dipandang semata-mata urusan pribadi (private) tetapi sudah menjadi masalah keluarga. Menikah alias kawin yang baik hanya dilakukan satu kali seumur hidup dan kita akan terus hidup bersama dengan orang yang kita pilih sebagai isteri kita beserta anak yang mungkin kita hasilkan dari pernikahan itu. Memilih pasangan hidup yang tepat adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup dengan banyak aspek dan faktor kriteria pemilihan yang harus dihitung dengan matang. Di dalam masyarakat Karo yang menganut patriahat (menurut garis keturunan ayah) dilarang kawin menurut satu marga. Suatu perkawinan biasanya didahului oleh suatu keadaan yang bersifat khusus yang lazim disebut pertunangan lamaran atau permintaan dari keluarga laki-laki kepada pihak keluarga perempuan.

 Dampak yang paling kelihatan akibat dari permasalahan diatas adalah timbulnya kebingungan dalam menentukan pilihan pada saat akan memutuskan untuk menikah. Dalam perancangan dan pembangunan aplikasi ini akan digunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) untuk mengolah data-data dari bebereapa kriteria yang diinginkan. Dan untuk memudahkan dalam memasukkan kriteria yang diinginkan, maka penyampaian informasi dipresentasikan dengan menggunakan bahasa pemograman. Decision Support System atau sistem pendukung keputusan selain dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pihak yang ingin menikah, juga  dapat membantu menyediakan berbagai alternatif yang dapat ditempuh dalam proses pengambilan keputusan.
Ciri khas suatu DSS (Decision Support System) adalah digunakan model yang salah satu fungsinya untuk penyederhanaan masalah. AHP yang dikembangkan oleh Thomas L Saaty merupakan model hirarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Dengan adanya hirarki masalah kompleks atau tidak terstruktur dipecah dalam sub-sub masalah kemudian disusun menjadi suatu bentuk hirarki. AHP (Analitycal Hierarchy Process)  mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah multikriteria yang berdasarkan pada perbandingan preferensi dari setiap elemen dalam hirarki. Berdasarkan dari hal tersebut diatas, maka penulis memutuskan membuat  judul �Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)�.

1.2.    Perumusan  Masalah
Yang menjadi permasalahan dalam penyusunan Skripsi ini adalah:
  1. Bagaimana menerapkan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) dalam pengerjaan suatu sistem pendukung keputusan.
  2. Bagaimana metode ini mampu memberikan kemudahan bagi calon suami istri  dalam mempertimbangkan dan mengambil suatu keputusan pada saat akan menikah menurut adat Karo.

1.3. Batasan Masalah
Untuk menghindari kesalahpahaman dan meluasnya pembahasan, maka penulis memfokuskan masalah yang berkaitan dengan pemecahan masalah yaitu :
  1. Metode yang digunakan untuk pemilihan pasangan hidup berdasarkan beberapa kriteria dengan menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process).
  2. Pasangan yang boleh menikah hanya menurut adat Karo.

1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :
  1. Menganalisa proses pengambilan keputusan dengan menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process).
  2. Penyajian informasi yang lebih baik sehingga memudahkan dalam proses pengolahan data dalam proses pengambilan keputusan.

1.4.2. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari Skripsi ini adalah :
  1. Sebagai acuan untuk memilih pasangan hidup menurut Budaya Karo
  2. Membantu memudahkan para calon suami istri dalam menentukan calon yang akan mereka pilih sebagai suami, istri sesuai kriteria yang mereka inginkan.

1.5. Metode Penelitian
Pada perancangan sistem pendukung keputusan ini, metode penelitian yang digunakan adalah:
  1. Pengamatan ke perpustakaan (library research), yaitu dengan membaca dan mempelajari buku-buku, mengumpulkan bahan-bahan yang dapat membantu penulisan skripsi ini.
  2. Literature, yaitu dengan mencari sumber-sumber pendukung berupa  artikel-artikel lengkap tentang cara perancangan sistem pendukung keputusan melalui internet.
  3. Konsultasi, yaitu dengan mendiskusikan serta menanyakan secara langsung kepada dosen pembimbing.

1.6. Sistematika Penulisan
Bab I     :PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis akan menjelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan  masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat Skripsi, metode penelitian dan sistematika penulisan.
 
Bab II    :LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tentang teori yang berfungsi sebagai sumber atau alat bantu dalam memahami permasalahan yang berkaitan dengan AHP (Analitycal Hierarchy Process) dan teknik penyelesaiannya.
 
Bab III    :ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini membahas dan menguraikan tentang AHP (Analitycal Hierarchy Process) serta perancangan sistem yang digunakan.
 
Bab IV    :ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab ini merupakan implementasi sistem yang akan menjabarkan mengenai desain implementasi, cara pembuatan dan pengoperasian sistem.
 
Bab V     :KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan dari keseluruhan penulisan dan saran yang membantu dalam pengembangan.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar