DISKRIPSI DAN SILABUS MATA KULIAH
BIDANG MATEMATIKA S-1 PGSD
BIDANG MATEMATIKA S-1 PGSD
1. GD 103: KONSEP DASAR MATEMATIKA (3 SKS)
2. GD 202: PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (3 SKS)
3. GD 301: PENDIDIKAN MATEMATIKA I (3 SKS)
4. GD 316: LOGIKA MATEMATIKA (2 SKS)
5. GD 317: BILANGAN (3 SKS)
6. GD 318: STATISTIKA DAN PELUANG (2 SKS)
7. GD 319: GEOMETRI DAN PENGUKURAN (3 SKS)
8. GD 320: ALJABAR (3 SKS)
9. GD 402: MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA (2 SKS)
10. GD 500: PENDIDIKAN MATEMATIKA II (3 SKS)
11. GD 515: KAPITA SELEKTA MATEMATIKA (3 SKS)
DISKRIPSI MATA KULIAH
GD 103 Konsep Dasar Matematika (3 SKS) Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa tentang berbagai wawasan konsep-konsep dasar matematika yang dijabarkan dalam materi: himpunan, penalaran, system matematika, system numerasi dan nilai tempat, sistem bilangan real, sifat-sifat bilangan real, pertidaksamaan linear dan selang, nilai mutlak dan sifat-sifatnya, pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak, sistem koordinat kartesius, dan garis. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode ekspositori, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. Untuk melihat penguasaan mahasiswa, evaluasi yang digunakan adalah tes unit, UTS, dan UAS. Buku sumber utama: (1) Billstein, Rick., Libeskind, Shlomo., dan Lott, W. Johnny, A Problem Solving Aprroach to Mathematics for Elementary School Teachers (5th Ed), Addison-Wesley Publishing Company, Inc, Reading, Massachusetts, 1993., (2) Troutman, Andrea P. dan Lichtenberg, Betty K., Mathematics A Good Beginning Strategies for Teaching Children (4th Ed), Brooks/Cole Publishing Company, California, 1991.
GD 103 Konsep Dasar Matematika (3 SKS) Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa tentang berbagai wawasan konsep-konsep dasar matematika yang dijabarkan dalam materi: himpunan, penalaran, system matematika, system numerasi dan nilai tempat, sistem bilangan real, sifat-sifat bilangan real, pertidaksamaan linear dan selang, nilai mutlak dan sifat-sifatnya, pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak, sistem koordinat kartesius, dan garis. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode ekspositori, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. Untuk melihat penguasaan mahasiswa, evaluasi yang digunakan adalah tes unit, UTS, dan UAS. Buku sumber utama: (1) Billstein, Rick., Libeskind, Shlomo., dan Lott, W. Johnny, A Problem Solving Aprroach to Mathematics for Elementary School Teachers (5th Ed), Addison-Wesley Publishing Company, Inc, Reading, Massachusetts, 1993., (2) Troutman, Andrea P. dan Lichtenberg, Betty K., Mathematics A Good Beginning Strategies for Teaching Children (4th Ed), Brooks/Cole Publishing Company, California, 1991.
SILABUS
1. Identitas mata kuliah Nama mata juliah : Konsep Dasar Matematika Nomor kode : GD 103 Jumlah SKS : 3 SKS Semester : 1 Kelompok mata kuliah : MKK Prodi Program sudi / program : PGSD/S-1 Status mata kuliah : Wajib Prasyarat : - Dosen : Tim
2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan: himpunan, penalaran, sistem matematika, sistem numerasi dan nilai tempat, sistem bilangan real, sifat-sifat bilangan real, pertidaksamaan linear dan selang, nilai mutlak dan sifat-sifatnya, pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak, sistem koordinat kartesius, dan garis
3. Diskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas himpunan, penalaran, system matematika, system numerasi dan nilai tempat, sistem bilangan real, sifat-sifat bilangan real, pertidaksamaan linear dan selang, nilai mutlak dan sifat-sifatnya, pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak, dan sistem koordinat kartesius
4. Pendekatan, metode, tugas, dan media.
Pendekatan pembelajaran : pemecahan masalah
Metode pembelajaran : ekspositori dan diskusi Tugas : menyelesaikan soal dan menyajikannya. Media : OHP, komputer, LCD.
5. Evaluasi
- Kehadiran
- Laporan tugas, penyajian, dan diskusi.
- Tes unit.
1. Identitas mata kuliah Nama mata juliah : Konsep Dasar Matematika Nomor kode : GD 103 Jumlah SKS : 3 SKS Semester : 1 Kelompok mata kuliah : MKK Prodi Program sudi / program : PGSD/S-1 Status mata kuliah : Wajib Prasyarat : - Dosen : Tim
2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan: himpunan, penalaran, sistem matematika, sistem numerasi dan nilai tempat, sistem bilangan real, sifat-sifat bilangan real, pertidaksamaan linear dan selang, nilai mutlak dan sifat-sifatnya, pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak, sistem koordinat kartesius, dan garis
3. Diskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas himpunan, penalaran, system matematika, system numerasi dan nilai tempat, sistem bilangan real, sifat-sifat bilangan real, pertidaksamaan linear dan selang, nilai mutlak dan sifat-sifatnya, pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak, dan sistem koordinat kartesius
4. Pendekatan, metode, tugas, dan media.
Pendekatan pembelajaran : pemecahan masalah
Metode pembelajaran : ekspositori dan diskusi Tugas : menyelesaikan soal dan menyajikannya. Media : OHP, komputer, LCD.
5. Evaluasi
- Kehadiran
- Laporan tugas, penyajian, dan diskusi.
- Tes unit.
- UTS
- UAS
6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan Pertemuan
- UAS
6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan Pertemuan
- Rencana perkuliahan dan lingkup mata kuliah Konsep Dasar Matematika. Pertemuan
- Pengertian himpunan dan keanggotaan himpunan. Pertemuan
- Himpunan bagian. Pertemuan
- Operasi pada himpunan. Pertemuan
- Penalaran induktif. Pertemuan
- Penalaran deduktif dan sistem matematika. Pertemuan
- Sistem numerasi dan nilai tempat. Pertemuan
- UTS Pertemuan
- Sistem bilangan real. Pertemuan
- Sifat medan dan sifat urutan bilangan real. Pertemuan
- Pertidaksamaan linear dan selang. Pertemuan
- Nilai mutlak dan sifat-sifatnya. Pertemuan
- Pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak. Pertemuan
- Sistem koordinat kartesius.Pertemuan
- Garis.Pertemuan
- UAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar