Minggu, 13 Oktober 2013

Laporan Pembuatan Shampo

� MEMBUAT SHAMPO �

1.    BAHAN
-    1 ons    Texafon
-    10 gr    SLS (sodium lauriel sulfat)
-    50 gr    Garam (NaCl) yang halus
-    2 cc    Bibit Pewangi
-    500 cc    Air Matang
-    Pewarna    secukupnya

2.    ALAT
-    2 Buah ember plastik ukuran sedang
-    Baskom plastik
-    Pengaduk kayu
-    Gelas sulfur (fungsinya untuk mengukur air)
-    Timbangan
-    Botol tempat shampo

3.    CARA PEMBUATAN
  1. Masukkan SLS dan sedikit air matang kedalam ember plastik,( aduk perlahan-lahan agar busa tidak mengembang sampai SLS larut)
  2. Kemudian pada baskom plastik yang lain masukkan texafon , NaCl (garam) ,dan air matang 500 cc (aduk ketiga bahan tersebut sampai larut ,dan tambahkan sedikit pewarna ,lalu aduk sampai rata
  3. Setelah itu campurkan adonan yang ke-2 ke dalam adonan yang pertama. (aduk perlahan-lahan)
  4. Lalu tambahkan minyak pewangi aduk sampai rata.
  5. Setelah merata lalu masukkan shampo kedalam botol kemasan (gunakan corong agar tidak tumpah)
  6. Beri label / tiket

4.    HASIL PERCOBAAN    : shampo yang kami buat adalah homogen (menyatu) yang berarti semua bahan-bahan menyatu dengan sempurna,.. dan itu tandanya shampo yang kami buat telah berhasil.sesuai dengan apa yang kami harapkan. Sebab shampo yang kami buat benar-benar mengikuti tahap-tahap (proses) langkah kerja yang telah di tentukan. shampoo ini berwarna hijau muda.

5.    HASIL UJI COBA         : shampo ini terlihat bersih,sebab pembuatan shampo ini menggunakan alat-alat yang higienis. Shampo juga menghasilkan busa yang maksimal.tidak teralu banyak dan tidak terlalu sedikit.namun setelah saya biarkan selama satu malam,shampoo ini semakin berubah warna. yang tadinya berwarna hijau muda,kini warnanya berubah menjadi hijau tua bahkan seperti warna biru. Namun bau daripada shampoo ini tidak berubah, Tetap berbaukan lemon dan menghasilkan buih yang maksimal,layaknya seperti shampoo yang biasa kita gunakan.
pengaruh shampo kekulit kepala menimbulkan gatal-gatal pada kulit kepala.dan pengaruh shampo terhadap rambut, menyebabkan timbulnya ketombe dan membuat rambut terasa lebih kasar...

6.    KESIMPULAN        : jadi yang dapat saya simpulkan adalah membuat shampoo itu mudah dan praktis sekali,dan untuk menghasilkan shampoo agar homogen sangat diperlukan tahapan-tahapan pembuatannya. juga perlu diperhatikan ukuran seberapa banyak bahan yang harus dicampurkan.karena apabila dalam pembuatan nya kita tidak mampu menetralisir bahan-bahan yang hendak di olah, maka shampoo juga tidak akan baik hasilnya, menjadi (non homogen : tidak larut )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar