Sabtu, 05 Oktober 2013

Skripsi - Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Kalkulus

BAB I
PENDAHULUAN

 
1.1    Latar Belakang Masalah
Sekarang ini, sering ditemukan berbagai macam perangkat lunak pembelajaran. Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak yang ingin dirancang penulis adalah mengenai Kalkulus Proposisi. Kalkulus Proposisi (Propositional Calculus) adalah suatu metode yang digunakan untuk menghitung nilai kebenaran dari proposisi, sedangkan proposisi adalah suatu pernyataan yang dapat ditentukan nilai kebenarannya (benar atau salah). Dalam metode pembelajaran banyak ditemukan metode�metode pembelajaran salah satunya adalah Metode Computer Based Training (CBT). Dalam perkembangan teknologi pada saat ini setiap orang sering mengalami masalah dalam saat belajar, maka dari itu dengan metode CBT dapat mempermudah dalam pembelajaran karena CBT memberikan rangsangan belajar di luar metodelogi pembelajaran tradisional dari buku teks, manual, atau ruang kelas berbasis intruksi.
 
Penulis memilih topik perangkat lunak pembelajaran karena penulis ingin membuat bagaimana cara pengguna (user) lebih memahami serta menambah minat user terhadap pembelajaran kalkulus proposisi, dengan menampilkan suatu proposisi yang terdiri dari operand�operand yang biasanya di wakili oleh huruf�huruf dalam abjad dan operator�operator yang memiliki aturan nilai kebenaran masing�masing operand. Semakin banyak jumlah operand dan operator dalam suatu proposisi, maka proses pencarian nilai kebenaran dari proposisi tersebut akan semakin rumit. Kalkulus proposisi dapat digunakan untuk menentukan apakah sebuah kalimat adalah valid atau kontradiktif, dan apakah dua buah kalimat merupakan kalimat�kalimat yang ekivalen satu dengan lainnya. Jenis perangkat lunak pembelajaran yang penulis singgung adalah pembelajaran kalkulus proposisi dengan metode Computer Based Training (CBT). Perangkat lunak pembelajaran ini dirancang supaya kalkulus proposisi dapat lebih mudah dipahami dengan metode CBT baik algoritma maupun operasi � operasi yang terkandung dalam kalkulus proposisi.
    Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk membuat skripsi dengan judul �Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Kalkulus Proposisi Dengan Metode Computer Based Training�.

1.2    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul diatas, maka yang menjadi permasalahan adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana menampilkan suatu proposisi yang terdiri dari operand-operand yang biasanya di wakili oleh huruf-huruf dalam abjad dan operator yang memiliki aturan nilai kebenaran masing-masing operand.
  2. Bagaimana menentukan apakah sebuah kalimat adalah valid atau kontradiktif.
  3. Bagaimana membuat perangkat lunak pembelajaran kalkulus proposisi.
  4.  Bagaimana cara membuat suatu perancangan perangkat lunak pembelajaran kalkulus proposisi dengan metode computer based training.

1.3    Batasan Masalah


Adapun batasan masalah yang penulis buat pada ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
  1. Input proposisi dibatasi hanya pada keyboard sedangkan output proposisi pada layar monitor.
  2. Panjang proposisi dibatasi maksimal 100 karakter.
  3. Jumlah operand maksimal 5 buah,yaitu diwakili oleh huruf a, b, c, d dan e.
  4. Operasi � operasi pada proposisi yang didukung oleh perangkat lunak antara lain, operasi not (negasi / tidak) yang disimbolkan oleh ~, operasi or (disjungsi / atau) yang disimbolkan oleh ?, operasi and (konjungsi / dan) yang disimbolkan oleh ?, operasi if � then (implikasi) yang disimbolkan oleh ? dan operasi if � and � only � if (biimplikasi / ekivalensi) yang disimbolkan oleh ?.

1.4    Tujuan dan Manfaat Penulisan

Tujuan penyusunan penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Untuk menampilkan suatu proposisi yang terdiri dari operand-operand yang bisanya di wakili oleh huruf-huruf  dalam abjad dan operator yang memiliki aturan nilai kebenaran masing-masing operand.
  2.  Untuk menentukan sebuah kalimat, apakah kalimat tersebut valid atau kontradiktif.
  3.  Untuk membuat suatu perancangan perangkat lunak pembelajaran kalkulus proposisi.
Manfaat dari penyusunan penelitian ini yaitu :
Computer Based Training dapat menjadi alternatif yang baik untuk diterapkan pada pembelajaran kalkulus proposisi melalui media, termasuk video dan animasi, dengan mudah dapat ditanamkan untuk meningkatkan pembelajaran.

1.5    Metode Penelitian
Langkah � langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Mencari dan mengumpulkan data � data yang diperlukan untuk pembuatan perangkat lunak baik dari pengetahuan dan pengalaman penulis maupun dari sumber � sumber lainnya, seperti buku � buku komputer.
  2. Membaca, mempelajari dan memahami pelajaran tentang  kalkulus proposisi (propositional calculus).
  3. Membaca dan mempelajari buku � buku yang berhubungan dengan Computer Based Training (CBT), sumber wacana dan jurnal yang berhubungan dengan CBT.
  4. Mengidentifikasi aturan nilai kebenaran dari masing � masing operator proposisi.
  5. Mempelajari cara penggambaran gate logika dari proposisi.
  6. Merancang interface perangkat lunak pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
  7.  Merancang perangkat lunak untuk mengeksekusi proposisi yang di-input dan menampilkan hasil / output berupa tabel kebenaran dan gate logika  dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.

1.6    Sistematika Penulisan
Untuk mengerjakan skripsi ini penulis membuat sistematika penulisan sebagai berikut ini :
 
BAB I        : PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan tentang Latar Belakang Permasalahan, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penulisan, Metodologi Penyelesaian Masalah, dan Sistematika Penulisan.
 
BAB II    : LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisikan semua jenis penjelasan tentang teori�teori yang digunakan dalam penyelesaian skripsi, dan semua pembahasanyang menyangkut teori dengan teori yang relevan.
 
BAB III    : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini penulis menguraikan tentang analisa dan perancangan program yang akan dibuat berdasrkan masalah yang ada.
 
BAB IV    : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini berisikan uraian tentang alur program dan implementasi dari program yang dibuat pada perancangan perangkat lunak.
 
BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini beberapa kesimpulan dari pembahasan skripsi dan saran-saran untuk pengembangan lebih lanjut.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar