Jumat, 04 Oktober 2013

Skripsi - Pencarian String pada Aplikasi Text Editor

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang Masalah
Bahasa program merupakan teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Layaknya bahasa manusia, setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu. Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer untuk secara spesifik apa yang akan dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap bahasa manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, mengakibatkan pencarian informasi semakin mudah. Pencarian informasi yang tepat dan sesuai kebutuhan menjadi sangat penting. 

Oleh karena itu, teknik untuk memperoleh dokumen dengan isi yang sesuai dengan kebutuhan informasi sangat diperlukan.
Untuk mengetahui isi dokumen sesuai dengan kebutuhan informasi, diperlukan metode pencarian string (string searching) isi dokumen yang bagus. Proses pencocokan string (string matching) yang merupakan bagian dalam proses pencarian string memegang peranan penting untuk mendapatkan dokumen yang sesuai dengan kebutuhan informasi. Pencocokan string (string matching) secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua yaitu pencocokan string secara eksak/sama persis (exact string matching) dan pencocokan string berdasarkan kemiripan (inexact string matching/fuzzy string matching). Pencocokan string berdasarkan kemiripan masih dapat dibedakan menjadi dua yaitu berdasarkan kemiripan penulisan (approximate string matching) dan berdasarkan kemiripan ucapan (phonetic string matching). Permasalahan yang kita hadapi adalah sulitnya untuk mengenali suatu bahasa pemrograman yang akan kita rancang menjadi suatu bahasa pemrograman yang bisa lebih mudah dimengerti dan dapat lebih mudah dipahami oleh pembuat atau perancang suatu program itu sendiri.
Dari permasalahan di atas membuat penulis tertarik untuk menganggkat judul �PENCARIAN STRING PADA APLIKASI TEXT EDITOR BERBASIS OPEN SOURCE DENGAN METODE INEXACT STRING MATCHING�.

1.2    Perumusan Masalah
Masalah yang diangkat dan dibahas serta akan dicari solusinya dalam sekripsi ini adalah :
  1. Bagaimana proses pencaharian string pada aplikasi text editor?
  2. Bagaimana pembuatan text editor berbasis open source dengan menerapkan metode inexact string matching?
  3. Bagaimana menerapkan metode inexact dalam proses pencarian string terhdap text editor yang dirancang?

1.3     Batasan Masalah
Agar pokok permasalahan tidak terlalu meluas, maka berdasarkan permasalahan diatas, penulis membatasi hanya pada :
  1. Bahasa pemograman yang digunakan penulis dalam pencaharian string dan pembuatan text editor ini adalah visual basic 6.0.
  2. Pada aplikasi text editor perubahan string dan pencarian string dapat dilakukan pada menu yang telah disediakan.
  3. Pada skripsi ini hanya dilakukan pengeditan, pencarian, memformat string pada text editor.

1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah perangkat lunak editor untuk bahasa pemrograman, sehingga lebih mudah menulis perintah-perintah dari aplikasi ini antara lain :
  1. Melakukan proses pencarian string pada text editor.
  2. Membuat text editor denga menerapakan metode inexact stirng matching.
  3. Menerapkan inexact pada pencarian string.
Dengan kemampuan aplikasi ini, maka diharapkan aplikasi ini akan sangat bermanfaat antara lain:
  1. Mudah digunakan untuk membuat program, karena editor yang dirancang sangat sederhana.
  2. Dapat digunakan sebagai referensi untuk topik sejenis.
  3. Memahami proses kerja pengenalan sintak.

1.5    Metode Penelitian
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis mengumpulkan data yang diperlukan dengan menggunakan metode-metode seperti berikut :
  1. Studi kepustakaan (Library Study) Merupakan metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data-data yang bersifat teoritis dengan cara membaca buku, mata kuliah, dan tulisan lainnya. 
  2. Menganalisa permasalahan dan menyelesaikan dengan metode yang digunakan.
  3. Praktek pembuatan program yang ingin dicapai.
  4. Evaluasi dan koreksi terhadap penyusunan program.
  5.  Penyusunan Laporan

1.6    Sistematika Penulisan
Sistematika penyusunan skripsi ini dibagi menjadi lima bab, sesuai dengan sistematika/ketentuan dalam pembuatan skripsi, adapun pembagian bab-bab tersebut adalah :
BAB    I       :      PENDAHULUAN
Bab ini menerangkan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II        :      LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis menjelaskan tentang teori pendukung yang berhubungan dengan masalah.

BAB III       :       ANALISA DAN PERANCANGAN

Disini penulis membahas mengenai analisa dan perancangan berdasarkan judul serta dasar teori yang telah dibuat.
BAB IV        :     ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Dalam bab ini akan dibahas tentang implementasi sistem yang telah dirancang.
BAB V        :    KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari skripsi.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar