Kamis, 10 Oktober 2013

Pengertian Ikhlas Menurut Syara

Ikhlas Menurut Syara  ialah perbuatan baik yang dikerjakan semata mata karena Allah Swt dan untuk memperoleh Ridho nya.

Pada masa Rasulullah saw masi hidup, ada seorang laki laki yang mencintai seorang gadis yang bernama Ummu Qais.Ketika rasulullah saw dan para sahabatnya hijrah dari mekah ke madinah, ummum Qais pun ikut hijrah, sedangkan laki laki yang mencintainya sebenarnya tidak berniat hijrah, sebagaimana niatnya Rasulullah saw dan para sahabatnya yaitu ikhlash karena Allah swt untuk memperoleh Rido -Nya. Laki laki tersebut hijrah karena terpaksa ingin menikah dengan Ummu Qais yang mengemukakan syarat mau menikah kalau sudah berada si Madinah.

Tentang niat hijrahnya laki laki yang mencintai Ummu Qais tersebut, diketahui oleh para sahabat Nabi. Lalu mereka menanyakannya pada Nabi muhammad saw. Nabi muhammad saw menjawab secara umum sebagai berikut :

"sesungguhnya segala amal perbuatan bergantung pada niat. dan sesungguhnya tiap tiap orang memperoleh sesuatu sesuai dengan niatnya. barang siapa yang hijrah pada jalan allah dan rasulnya, maka hijrahnya itu kepada allah dan rasulnya, Barang siapa yang hijrahnya karena ingin memperoleh keduniaan, atau untuk mengawani seorang wanita, maka hijrahnya itu ialah ke arah yang ditujunya." (H.R Bukhari dan Muslim)"

dalam hadis tersebut dapat dipahamkan bahwa tiap amal perbuatan tergantung kepada niatnya. setiap orang akan memperoleh sesuatu sesuai dengan apa yang ia niatkan . Apa itu niat ? Niat ialah dorongan yang tumbuh dalam hati manusia untuk melaksanakan amal perbuatan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar