Senin, 14 Oktober 2013

Makanan Jamaah Haji Sebelum Berangkat Ketanah Suci

MAKANAN JEMAAH HAJI SEBELUM BERANGKAT KETANAH SUCI
  1. Makanlah makanan yang beraneka-ragam dan terdiri dari berbagai bahan makanan seperti makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan.
  2. Pilihlah bahan makanan pokok yang tinggi serat seperti beras, jagung, kentang, Ubi, talas, singkong, roti, mie dan sebagainya.
  3. Makanlah lauk pauk yang bernilai gizi tinggi seperti daging, telur, ikan, ayam, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu, tahu, tempe dan sebagainya.
  4. Makanlah sayuran berwarna seperti bayam, kangkung, wortel, labu kuning, sawi, daun singkong dan sebagainya.
  5. Makanlah buah-buahan berwarna kuning atau kemerahan yang banyak mengandung vitamin seperti pisang, pepaya, jeruk, nenas, peer, anggur, apel, semangka dan melon.
  6. Minum minimal 10 gelas per hari.
  7. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi pada 150 jemaah haji, 14% flu ringan dapat diatasi dengan mengonsumsi multivitamin. Jadi, bila diperlukan, jemaah haji juga dapat mengonsumsi multivitamin probiotik untuk menjaga sistem pencernaan dan flu selama di Tanah Suci.
Selama berada ditanah suci kemungkinan besar jemaah haji akan mengalami perbedaan kebiasaan makan. Keadaan ini harus disadari sejak jemaah haji berniat untuk menunaikan ibadah haji. Dengan niat dan tekad yang mantap, maka jemaah siap untuk menerima perubahan yang akan dihadapinya termasuk mengenai berbagai jenis hidangan atau bahan makanan baru yang terdapat di Arab Saudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar