Jumat, 04 Oktober 2013

Contoh Skripsi Perancangan Perangkat Lunak Image Thinning

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Segmentasi citra (image segmentation) merupakan langkah awal pada proses analisis citra yang bertujuan untuk mengambil informasi yang terdapat di dalam suatu citra. Pada umumnya segmentasi secara otomatis adalah salah satu pekerjaan yang sulit dalam pengolahan citra. Langkah ini akan menentukan berhasil atau tidaknya proses analisa citra. Namun dengan segmentasi yang efektif, kemungkinan besar akan didapatkan hasil yang baik.

Image Thinning merupakan salah satu aplikasi dari segmentasi citra untuk menghasilkan bentuk kerangka dari sebuah citra digital dan mengolah citra digital tersebut agar lebih padat. Dengan kata lain, image thinning bertujuan untuk memproses pixel-pixel pada sebuah citra digital agar menghasilkan sebuah citra digital yang lebih kecil ukurannya namun tetap memiliki informasi yang sama seperti sebelum dilakukan proses thinning.

Dengan melakukan thinning pada sebuah citra digital, dapat dihasilkan sebuah citra digital dengan ukuran yang lebih tipis namun tetap menampilkan informasi yang sama dari citra digital tersebut. Salah satu metode image thinning yang dapat digunakan adalah Zhang Suen. Metode Zhang Suen merupakan algoritma image thinning yang menggunakan metode paralel yang berarti bahwa nilai baru untuk sebuah pixel dapat dihitung dengan menggunakan nilai pixel dari iterasi sebelumnya.  

Dengan menggunakan iterasi yang dilakukan secara berulang-ulang, metode ini akan menghasilkan citra digital yang lebih padat sehingga cocok digunakan dalam proses thinning sebuah citra digital.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan thinning pada suatu citra digital dengan menggunakan metode Zhang Suen dan menuangkannya ke dalam skripsi berjudul : �Perancangan Perangkat Lunak Image Thinning Dengan Metode Zhang Suen�.

 I.2 Perumusan Masalah

Perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah :
  1. Bagaimana menentukan jenis file citra dengan menggunakan metode zhang suen 
  2. Bagaimana cara melakukan thinning sebuah citra digital. 
  3. Bagaimana menguraikan proses kerja metode Zhang Suen untuk melakukan thinning pada sebuah citra digital. 
  4. Bagaimana merancang sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan thinning pada sebuah citra digital dengan menggunakan metode Zhang Suen

I.3 Batasan Masalah

Adapun yang menjadi batasan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 
  1. Type file yang diproses misalnya JPEG/JPG dan BMP. 
  2. Citra digital yang dapat di thinning dibatasi pada citra digital dengan format JPEG/JPG dan BMP. 
  3. Ukuran dimensi citra digital yang dapat di thinning dibatasi pada ukuran dimensi maksimum 800 x 600. 
  4. Output thinning yang dihasilkan merupakan sebuah citra digital dalam format JPEG/JPG dan BMP dengan ukuran dimensi yang sama. 
  5. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0.


I.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dan manfaaat dari penulisan skripsi adalah sebagai berikut :

1.4.1 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :
  1. Cara melakukan thinning sebuah citra digital dengan menggunakan metode zhang suen. 
  2. Untuk mengetahui proses kerja metode Zhang Suen dalam melakukan thinning pada sebuah citra digital. 
  3. Untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan thinning pada sebuah citra digital dengan metode zhang suen

1.4.2 Manfaat

Manfaat  yang diharapkan dari penulisan skripsi ini adalah :
  1. Membantu pengguna komputer yang ingin menampilkan kerangka  citra digital. 
  2. Sebagai bahan referensi untuk pengembangkan perangkat lunak, khususnya dalam bidang image thinning.

I.5 Metode Penelitian

Langkah-langkah yang ditempuh penulis dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
  1. Riset Perpustakaan untuk mencari dan mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan topik pembahasan dari berbagai sumber. 
  2. Identifikasi Masalah yaitu tahap penentuan hal-hal penting sebagai dasar dari permasalahan yang dianalisis. Tahap ini merupakan tahap untuk mengkaji dan membatasi masalah yang akan diimplementasikan dalam sistem. 
  3. Konseptualisasi yaitu hasil identifikasi masalah dikonseptualisasikan dalam bentuk hubungan antar pengetahuan maupun relasi antar data yang akan diterapkan dalam sistem. 
  4. Implementasi Sistem yaitu pemecahan masalah yang telah dikonseptualisasikan ke dalam modul-modul sesuai dengan garis besar masalah dengan menentukan input, proses dan output sistem, kemudian diubah ke dalam bahasa pemrograman yang mudah dimengerti komputer.


I.6 Sistematika Penulisan

Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan sistematika sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, batasan masalah, metode penyelesaian masalah dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini mengemukakan tentang teori yang berkaitan dengan topik yang dibahas tentang Image Thinning dengan metode Zhang Suen menggunakan Microsoft Visual basic 6.0. 

BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini menjelaskan tentang pembahasan program yang akan dirancang, dan langkah-langkah perancangan program yang meliputi perancangan proses, perancangan basis data dan perancangan input dan perancangan output program.

BAB IV : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini menjelaskan tentang cara menjalankan program, teknik pengujian sistem, tampilan program, dan spesifikasi yang dibutuhkan. 

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penulis tentang sistem yang dirancang untuk perusahaan.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar