Sabtu, 05 Oktober 2013

Skripsi - Perancangan Aplikasi Ujian Nasional

BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah mewujudkan perkembangan era reformasi dan industrialisasi salah satunya adalah teknologi komputer. Keakuratan dan kecepatannya dapat membantu pegolahan data apapun. Mengingat semakin banyaknya pekerjaan dan keterbatasan kemampuan manusia dan semakin banyaknya informasi maka dibutuhkan suatu alat untuk pengolahan informasi tersebut diantaranya komputer.

Kebutuhan informasi semakin besar perlu mendapat perhatian dalam hal penanganannya karena didorong oleh peranan pengambilan keputusan dan tersedianya data yang semakin banyak dan kompleks. Pengolahan data hubungan antar unsur-unsur yang semakin luas mengakibatkan timbulnya berbagai jenis data serta informasi yang mendorong manusia intuk mencari dan implementasi teknik-teknik baru agar pengendalian setiap unsur dapat dilaksanakan dengan baik ditingkat pemimpin maupun di tingkat operasional.
Wajib belajar 9 tahun menjadi kebutuhan mendasar bangsa Indonesia dalam rangka mencerdaskan bangsa dan kurikulum nasional merupakan standar acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dan menentukan arah kebijakan pengembangan pendidikan. Pemerintah menggunakan Ujian Nasional sebagai salah satu tolak ukur untuk mengidentifikasi ketercapaian standar pendidikan nasional.
Dalam dunia pendidikan komputer sangat berpengaruh dalam pengerjaan-pengerjaan data yang akan diolah. Untuk mencapai kelulusan biasanya dilakukan Ujian Akhir Nasional, Bagi anda para pelajar, Ujian Akhir Nasional (UAN)  adalah hal penting yang sangat menetukan nasib anda. Karena model UAN sekarang sudah cukup berat, dengan standar nilai yang lumayan sulit untuk dicapai.
Dalam menghadapi ujian nasional biasanya para siswa di latih untuk terbiasa menjawab soal-soal test ujian yang ada. Biasanya pihak sekolah melakukan simulasi-simulasi untuk melatih kemampuan siswa tersebut. Simulasi yang biasa dilakukan berupa simulasi yang dibuat dikertas-kertas yang pada akhirnya menimbulkan banyak biaya.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik membuat judul �Perancangan Aplikasi Ujian Nasional Menggunakan Linear Congruent Method (LCM)�.

1.2    Perumusan Masalah
 Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis yang menjadi perumusan masalah    adalah  :
  1. Bagaimana proses kerja Simulasi Ujian Nasional Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) ?
  2. Bagaimana Merancang Aplikasi Simulasi Ujian Nasional Menggunakan Linear Congruent Method  (LCM)?

1.3    Batasan Masalah
Untuk menghindari agar masalah tidak menyimpang dari tujuan, maka  penulis membatasi permasalahan yakni :
  1. Perancangan Aplikasi Simulasi Ujian Nasional ini menggunakan Linear Congruent Method (LCM).
  2. Bahasa pemograman yang digunakan adalah Visual Basic 6.0.
  3. Soal yang digunakan adalah soal Bahasa Indonesia. 

1.4    Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui :
  1. Mengetahui proses kerja Simulasi Ujian Nasional Mengunakan Linear Congruent Method (LCM).
  2.  Merancangan Aplikasi Simulasi Ujian Nasional Menggunakan Linear Congruent Method (LCM).
         Adapun manfaat yang diperoleh adalah :
  1. Untuk  membuat Simulasi Ujian Nasional Mengunakan Linear Congruent Method (LCM) yang Menghasilkan Nilai Akhir yang Lebih Akurat dan Dapat Dipertanggungjawabkan Kebenarannya.
  2. Untuk meminimalisasikan kemungkinan munculnya soal yang sama pada beberapa siswa pada saat bersamaan.

1.5 Metode Penelitian

         Metode penelitian merupakan salah satu cara untuk memperoses pemecahan masalah terhadap segala permasalahan. Adapun metode penelitian masalah yang digunakan adalah Penelitian Kepustakaan (Library Research).

I.6  Sistematika Penulisan
         Langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang ditempuh dalam menyelesaikan penelitian ini adalah :
BAB I     : PENDAHULUAN
Pada bab ini menerangkan tentang Latar Belakang, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, Dan Sistematika Penulisan.
BAB II    : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menerangkan tentang teori dasar yang berhubungan dengan program yang dirancang, serta bahasa  pemograman yang digunakan.
BAB III        : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini mengemukakan tentang analisa masalah program yang akan dirancang dan perancangan program yang digunakan dalam penulisan skripsi ini.

BAB IV     : ALGORITMA IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini mengemukakan tentang hasil implementasi sistem yang dirancang mencakup uji coba sistem, tampilan, serta perangkat yang dibutuhkan, serta analisa sistem yang dirancang untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan sistem yang dibuat.
BAB V      : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini berisi kesimpulan penelitian dan saran dari peneliti sebagai perbaikan di masa yang akan datang.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar