Kamis, 03 Oktober 2013

Sistem Pernapasan Pada Ikan

Sistem Pernapasan pada Ikan 

Alat pernapasan khusus pada ikan dinamakan insang yang letaknya di sebelah kanan kiri rongga kepala. Selain insang pada beberapa jenis ikan tertentu , seperti ikan lele , gabus, gurame, dan mujair insangnya dilengkapi dengan labirin yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan oksigen . labirin yang  berupa lipatan lipatan yang tak beraturan pada dasarnya merupakan perluasan dari insang sehingga oksigen yang dapat diikat lebih banyak. jenis ikan yang memiliki labirin ini mampu bertahan di tempat yang memiliki oksigen sedikit atau bahkan dalam kubangan lumpur.
ikan mempunyai alat khusus pernapasan yaitu berupa gelembung renang . selain berfungsi untuk mengetahui tekanan air dan berat tubuh,alat ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpan oksigen. Ketika keadaan sangat kekurangan oksigen, maka oksigen dari gelembung renang ini digunakan.

makanisme pernapasan pada ikan berlangsung sebagai berikut :
a. fase inspirasi (pengambilan oksigen yang terlarut dalam air)
fase ini dimulai pada ketika mulut ikan terbuka, air masuk ke dalam rongga mulut dan bersamaan dengan itu katup isang menutup. air masuk melewati lembaran lembaran isang, pada saat inilah oksigen di dalam air kemudian berdifusi ke dalam pembulu darah dan kemudian diedarkan seluruh tubuh.

b. fase ekspirasi (pengeluaran gas karbon dioksida)
fase ini merupakan fase pelepasan karbon dioksida dari insang ke air setelah oksigen diserap, maka mulut ditutup dan kedua tutup insang dikempiskan diikuti terbukanya celah insang bagian belakang. akhirnya air dan karbon dioksida terdorong ke luar kembali ke air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar