Senin, 07 Oktober 2013

Skripsi - Perancangan Aplikasi Steganografi Video

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang Masalah

Kebutuhan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ketempat lain menjadi sangat mudah untuk dilakukan pada masa sekarang ini. Teknologi perangkat keras yang digunakan mengalami perkembangan yang pesat, begitu juga dengan kompleksitas algoritma dari perangkat lunak yang digunakan didalamnya. Hal ini menyebabkan proses pengiriman informasi menjadi cepat. Jenis informasi yang bisa dikirimkan juga semakin beraneka ragam, dari hanya mengirimkan tulisan yang berukuran kecil, hingga bentuk multimedia yang membutuhkan perhitungan rumit seperti video.
Ada saatnya informasi/pesan bersifat rahasia, dimana tidak boleh ada pihak lain yang mengetahui isi dari informasi ini selain pihak pengirim dan penerima. Untuk menjaga kerahasiaan ini  digunakan teknik  kriptografi,  yaitu isi informasi yang asli (plainteks) diubah menjadi informasi acak (chiperteks) terlebih dahulu yang sama sekali tidak memiliki makna. Pengubahan ini menggunakan suatu algoritma tertentu yang sudah disepakati bersama antara kedua belah pihak, dan ketika informasi acak ini sudah sampai ke pihak penerima, langkah terakhirnya adalah mengubah kembali pesan itu dengan algoritma yang sama untuk mendapatkan pesan yang asli andaikata terdapat pihak ketiga yang ingin menyadap dan mengambil pesan yang dikirim, pihak tersebut hanya akan mendapatkan pesan acak  yang sulit di mengerti isinya.
Media yang sering menjadi tempat peyembunyian pesan pada steganografi digital adalah teks, gambar, suara, dan video. Pemilihan jenis media yang di gunakan sembarang, tetapi apabila pesan yang  ingin disembunyikan berukuran besar, maka bentuk video merupakan format yang cocok sebagai medianya. Format video mengandung sejumlah frame dimana masing-masing  frame  tersebut dapat disisipi sebagaimana halnya dengan penyisipan yang terjadi pada gambar, sehingga kapasitas penyimpanan pada video menjadi besar. Teknik-teknik penyisipan pesan ke dalam video dapat dikategorikan berdasarkan dua domain, yaitu spasial dan domain frekwensi. Penyisipan pada domain spasial dilakukan dengan menyisipkan langsung ke dalam bagian yang tampak pada frame video, seperti pada komposisi kandungan warnanya, atau pada kandungan luminance-nya. Walaupun proses ini akan mengubah tampilan dari video, namun proses penyisipan ini dapat dilakukan sedemikian rupa sehingga perubahan yang diakibatkan  tidak  dapat dipersepsi oleh mata  manusia. Sedangkan pada domain frekuensi, penyisipan dilakukan ke dalam hasil dari proses transformasi frame video ke dalam frekwensi. Penyisipan ini tidak mengakibatkan perubahan pada bagian yang tampak, namun proses perhitungannya membutuhkan kalkulasi yang lebih rumit dari pada penyisipan pada domain spasial.
Teknik penyisipan pesan yang di gunakan dalam Skripsi ini adalah DCT (Discrete Cosine Transform Modification), yang merupakan salah satu teknik penyisipan pesan pada domain frekwensi .DCT adalah proses untuk mengubah domain  spasial gambar menjadi domain frekwensi, dan digunakan pada gambar berformat  JPEG.  DCT Modification disebabkan penurunan kualitas pada video yang dihasilkan tidak signifikan, dan pesan didalamnya tidak akan hilang apabila dilakukan perubahan terhadap video tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk menulis Skripsi dengan judul : �Perancangan Aplikasi Steganografi Video Dengan Menggunakan Metode Discrete Cosine Transform Modification�.

1.2.    Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, timbul beberapa masalah yang berhubungan dengan Skripsi ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
  1. Bagaimana melakukan penyembunyaian pesan terhadap sebuah file kedalam file vidio digital dengan metode DCT Modification
  2. Bagaimana melakukan ekstrasi pesan tersembunyi pada file vidio digital yang telah disisipkan pesan
  3. Bagaimana membandingkan kualitas antara video digital yang asli dengan vidio digital yang sudah disisipkan pesan
1.3.    Batasan Masalah
Agar tujuan skripsi ini sesuai dengan yang diharapkan maka penulis membuat batasan masalah yaitu :
  1. Perangkat lunak tidak menangani manipulasi / penyuntingan video digital ataupun menjalankan video tersebut .
  2. Vidio digital yang digunakan adalah berformat 3GP dengan Basic Profil 
  3. Perangkat lunak hanya dapat digunakan pada sistem operasi windows XP

1.4.    Tujuan dan manfaat
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
  1. Memahami cara representasi dari file vidio digital.
  2. Memahami teknik ekstraksi pesan rahasia pada file video digital  yang telah disisipkan dengan metode DCT Modification. 
  3. Memahami teknik penyembunyian pada vidio digital dengan menggunakan metode DCT Modification.
  4. Mengimplementasikan steganografi terhadap file video digital kedalam perangkat lunak di Mobile Phone.
  5. Membandingkan kualitas antara video digital yang asli dengan video digital yang sudah disisipkan pesan.
Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah:
  1. Bagi orang awam : dapat membantu mempelajari dan memahami tentang penyembunyian pesan dalam sebuah file video 3GP
  2. Bagi para mahasiswa : sebagai bahan masukan mengenai bidang steganografi.
  3. Bagi penulis: Penulisan Skripsi ini memberikan kesempatan kepada penulis untuk menerapkan ilmu yang dipelajari selama kuliah meliputi analisis dan perancangan sistem, algoritma dan pemrograman, dan basis data.
1.5    Metode Penenelitian
Metode penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan Skripsi ini adalah :

1.    Studi Kepustakaan
Dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari buku�buku referensi, literatur dan bahan tertulis lainnya serta pengumpulan informasi dari situs internet.
2.    Wawancara
Yaitu pengumpulan informasi dengan cara melakukan tanya jawab dengan beberapa pengguna komputer.

1.6    Sistematika Penulisan
    Untuk mempermudah dalam memahami dan menyelesaikan penulisan skripsi ini, maka penulis membuat sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I        PENDAHULUAN
Menguraikan latar belakang yang mendasari pemilihan judul, perumusan masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, dan sistematika penulisan.
BAB II    LANDASAN TEORI
Berisi teori-teori yang menjadi landasan untuk penyandian data meliputi uraian teori kriptografi, sejarah dan perkembangannya dan konsep-konsep dasar dalam melakukan enkripsi dan dekripsi yang digunakan dalam pembuatan perangkat lunak penyandian data dengan algoritma RC6.
BAB III    ANALISA DAN PERANCANGAN
Berisi pembahasan algoritma LSB dan perancangan perangkat lunak penyandian data.
BAB IV    ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Berisi algoritma dan implementasi dari perancangan system penyandian data yang nantinya dapat digunakan untuk pengujian hasil penelitian.
BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran yang berhubungan dengan laporan skripsi ini.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar