Kamis, 02 Mei 2013

SKRIPSI PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang Masalah

Perkembangan komputer, khususnya dalam bidang perangkat lunak, semakin membantu manusia dalam menyelesaikan masalah. Satu perangkat lunak yang sedang marak perkembangannya dewasa ini adalah perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk menjabarkan, mencontohkan dan juga memberikan latihan-latihan bidang ilmu tertentu kepada user yang menggunakannya.

Matematika merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan yang erat hubungannya dengan komputer. Banyak cabang-cabang dari ilmu matematika yang telah diterapkan kedalam dunia komputer. Salah satu cabang ilmu matematika  adalah persamaan non linear. Persamaan non linear merupakan sebuah bidang ilmu matematika yang cakupannya mencari solusi dari sebuah fungsi persamaan non linear, di mana persamaan dengan sistem ini terdiri dari himpunan-himpunan nilai x yang secara simultan atau bersama-sama memberikan semua persamaan tersebut nilai yang sama dengan nol, serta penentuan akar-akar satu persamaan tunggal.

Persamaan non linear merupakan salah satu bidang ilmu matematika yang menuntut ketelitian dalam penghitungannya. Persamaan non linier merupakan persamaan yang penyelesaiannya merupakan penentuan akar-akar persamaan non linier, di mana akar sebuah persamaan f(x)=0 adalah nilai-nilai x yang menyebabkan nilai f(x) sama dengan nol dan akar persamaan f(x) adalah titik potong antara kurva f(x) dan sumbu X.
Satu metode mencari persamaan non linear yang sering digunakan adalah metode Regulasi Falsi. Metode ini dalam menyelesaikan persamaan non linier menggunanakn metode pencarian akar persamaan dengan memanfaatkan kemiringan dan selisih tinggi dari dua titik batas range dan bekerja secara iterasi dengan melakukan update range.

CAI (Computer Assisted Instructions) hakekatnya merupakan penawaran baru dalam cara pembelajaran. Komputer sebagai media akan lebih banyak membantu siswa menemukan hal-hal baru yang lebih menarik dibandingkan dengan cara-cara konvensional yang lebih berpusat pada guru. Walaupun sudah diketahui, bahwa cara-cara belajar dan mengajar, serta pemerolehan informasi pembelajaran tiap individu berbeda. Banyak teori-teori belajar yang berupaya menguraikan cara belajar tiap individu.

Kebanyakan teori ini mengidentifikasikan atribut-atribut yang mirip. Uraian yang paling sederhana, ada orang yang belajar lebih baik dengan membaca, ada yang lebih baik lewat mendengarkan, ada yang dengan memperhatikan orang lain mengerjakan tugas, ada pula yang harus mengerjakan tugas itu sendiri. Kebanyakan diantara kita menggunakan beberapa kombinasi dari beberapa cara ini. Semua orang mempunyai tingkat aptitude yang berbeda selain kepribadian dan pengalaman hidup berbeda-beda yang mungkin memotivasi atau sebaliknya mendemotivasi cara belajar. Seorang yang secara fisik maupun psikis tidak memiliki kemampuan sebagaimana orang-orang normal, mungkin akan perlu bantuan komputer untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran lewat cara baru dengan bantuan komputer.
Berdasarkan uraian di atas, penulis berkeinginan untuk menuangkan rancangan perangkat ajar tersebut kedalam sebuah skripsi dengan judul �PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN NON LINIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGULASI FALSI �

1.2.    Perumusan Masalah 
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi perumusan masalah adalah:
  1. Bagaimana menjelaskan proses Iterasi metode Regulasi Falsi melalui aplikasi pembelaran.
  2. Bagaimana menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions) pada aplikasi pembelajaran metode Regulasi Falsi.
  3. Bagaimana merancang aplikasi pembelajaran metode  Regulasi Falsi dengan metode CAI (Computer Assisted Instructions).

1.3.   Batasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah ini, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Sistem pembelajaran dibatasi pada pemaparan teori dan latihan contoh kasus dengan tingkat akurasi yang bernilai tetap, yaitu 0,000001.
  2. Bentuk soal latihan dibatasi pada ax3 + bx + c = 0.
  3. Penenerapan klasifikasi dari metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions)  hanya deskripsi (penjelasan materi) dan Praktek ( practice).
  4. Perangkat lunak menyediakan teori - teori dasar dari metode Regulasi Falsi
  5. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode CAI(Computer Assisted Instructions).
  6. Database yang digunakan untuk menyimpan teori dan soal latihan dirancang menggunakan Mysql.
  7. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang sistem pembelajaran adalah PHP,CSS dan HTML

1.4  . Tujuan dan Manfaat Penelitian

Adapun tujuan penelitian yang dilakukan penulis skripsi ini adalah :
  1. Untuk mengetahui bagaimana menjelaskan proses Iterasi metode Regulasi Falsi melalui aplikasi pembelajaran.
  2. Untukmengetahuibagaimana menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions) pada aplikasi pembelajaran metode Regulasi Falsi.
  3. Untuk mengetahui bagaimana merancang aplikasi pembelajaran metode  Regulasi Falsi dengan metode CAI (Computer Assisted Instructions).

Sedangkan manfaat yang dilakukan penulis dalam penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Membantu pengguna yang ingin memahami metode regula falsi melalui sebuah sistem pembelajaran yang interaktif.
  2. Sebagai bahan refensi dalam pengembangan sistem pembelajaran yang bersifat matematis, khususnya dalam bidang penyelesaian persamaan non-linear.

1.5.  Metode Penelitian

Langkah-langkah yang ditempuh penulis dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
a. Studi Literatur
Mengumpulkan bahan-bahan yang berhubungan dengan teori tentang sistem persamaan non linier dengan menggunakan metode regulasi falsi.

b. Analisa dan Perancangan
Pada tahap ini dilakukan untuk menganalisa proses kerja sistem pembelajaran persamaan non linier dengan metode Regulasi Falsi, dan selanjutnya dilakukan perancangan sistem yang meliputi perancangan proses kerja sistem, perancangan interface, serta algoritma pemograman.

c. Implementasi
Tahap ini digunakan mengimplementasikan hasil analisa dan perancangan sistem ke dalam bahasa pemograman agar bisa digunakan sebagai perangkat lunak pembelajaran sistem persamaan non linier dengan metode Regulasi Falsi.

I.6.  Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan skripsi yang dilakukan adalah sebagai berikut:

BAB I        : PENDAHULUAN
Pada bab ini menerangkan tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodelogi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II        :  LANDASAN TEORI

Pada bab ini menerangkan tentang teori dasar yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran, seperti pengertian perangkat pembelajaran, alat bantu perancangan perangkat pembelajaran, persamaan non linier, metode penyelesaian persamaan non linier, metode Regulasi Falsi.

BAB III           : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini mengemukakan tentang analisis dan perancangan perangkat lunak pembelajaran sistem persamaan non linier dengan metode Regulasi Falsi yang digunakan dalam penulisan skripsi ini.

BAB IV           : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini mengemukakan tentang algoritma program, cara menjalankan program, tampilan program yang dirancang, perangkat yang dibutuhkan, serta kelebihan dan kelemahan sistem.

BAB V           : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi kesimpulan penelitian dan saran dari peneliti sebagai perbaikan di masa yang akan datang.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar