Kamis, 02 Mei 2013

SKRIPSI Perancangan Perangkat Lunak E-learning untuk kursus online

BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Masalah
Perkembangan  teknologi informasi  dan  komunikasi  yang  sangat  pesat mendorong berbagai  lembaga  pendidikan  memanfaatkan  sistem  E-learning    untuk  meningkatkan efektivitas dan  fleksibilitas pembelajaran. Meskipun banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran menggunakan  sistem E-learning cenderung sama bila dibandingkan dengan pembelajaran  konvensional  atau  klasikal,  tetapi  keuntungan  yang  bisa diperoleh  dengan  E-learning    adalah  dalam  hal  fleksibilitasnya.

E-learning juga dapat diterapkan dalam dunia kursus sebagai media penyalur pembelajaran yang ingin disampaikan, Kursus adalah lembaga pelatihan yang termasuk kedalam jenis pendidikan nonformal. Kursus merupakan suatu kegiatan belajar-mengajar seperti halnya sekolah. Perbedaanya adalah bahwa kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari satu keterampilan tertentu. Misalnya, kursus bahasa komputer tiga bulan atau 50 jam, kursus montir, kursus memasak, menjahit, musik, keuntungan dalam menerapakan sistem E-learning ini para pengikut kursus dapat melihat kembali pertemuan yang tertinggal, karena media pembelajaran tersebut ditaruh dalam sistem web atau biasa disebut web based learning karena merupakan situs pembelajaran.

Fleksibilitas menjadi kata kunci  dalam sistem E-learning. Peserta didik mampu meningkatkan ilmu yang diberikan oleh pengajar diluar jam kuliah dengan kata lain sistem ini dibuat guna meningkatkan  pengetahuan peserta didik dengan melakukan pembelajaran diluar jam mata kuliah . Pengajar pun dapat memperbaharui  materi pembelajarannya kapan saja dan dari mana saja. Dari segi isi,  materi pembelajaran pun dapat dibuat sangat fleksibel mulai dari bahan  kuliah yang berbasis teks sampai materi pembelajaran dengan  komponen multimedia. Begitu pula halnya dengan kualitas pembelajaran,  yang bisa sangat fleksibel atau variatif . Oleh  sebab itu untuk menciptakan suatu sistem E-learning   yang baik diperlukan  suatu perancangan yang baik, dan strategi dan cara-cara desain  instruksional yang tepat.

 Melalui  E-learning   materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, disamping itu materi yang dapat diperkaya  dengan  berbagai  sumber  belajar  termasuk  multimedia  dengan  cepat  dapat diperbaharui oleh pengajar. Oleh  karena  perkembangan  E-learning    yang  relatif  masih  baru,  definisi  dan implementasi  sistem  E-learning    sangatlah  bervariasi  dan  belum  ada  standard  yang  baku.

Berdasarkan  pengamatan  dari  berbagai  sistem  pembelajaran  berbasis  web  yang  ada  di Internet, implementasi sistem E-learning   bervariasi mulai  dari  yang sederhana yakni sekedar kumpulan bahan pembelajaran yang ditaruh di web server dengan tambahan forum komunikasi lewat e-mail secara terpisah sampai dengan yang terpadu yakni berupa portal E-learning yang berisi berbagai obyek pembelajaran yang diperkaya dengan multimedia  serta  dipadukan  dengan  system  informasi  akademik,  evaluasi,  komunikasi, diskusi dan berbagai educational tools lainnya. Implementasi  suatu  E-learning bisa  masuk  kedalam  salah  satu  kategori  tersebut, yakni  bisa  terletak  diantara  keduanya,  atau  bahkan  bisa  merupakan  gabungan  beberapa komponen dari dua sisi tersebut. Hal ini disebabkan antara lain karena belum adanya pola yang  baku  dalam  implementasi  E-learning  ,  keterbatasan  sumberdaya  manusia  baik pengembang maupun staf pengajar dalam E-learning  , keterbatasan perangkat keras maupun perangkat  lunak,  keterbatasan  biaya  dan  waktu pengembangan.

Penerapan E-learning  untuk  keperluan pendidikan sepenuhnya  terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar,  diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan  pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan  kata lain model ini menggunakan sistem jarak jauh , untuk  itulah penulis mengangkat judul skripsi yang berjudul � Perancangan Perangkat Lunak E-learning  untuk kursus online dengan metode web based learning menggunakan  Moodle �.
1.2    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka perumusan masalah yang akan diteliti dirumuskan sebagai berikut :
  1. Bagaimana merancang sistem E-learning untuk kursus komputer menggunakan Moodle ?
  2. Bagaimana merancang suatu sistem E-learning dengan memanfaatkan web sebagai media penyalur dalam pembelajaran?
  3. Bagaimana menerapkan Moodle dalam perancangan media pembelajaran?
1.3    Batasan Masalah
 Agar masalah yang diteliti lebih jelas dan lebih terarah serta menghindari terjadinya penyimpangan dari tujuan utama penulis, maka penulis perlu membuat batasan masalah sebagai berikut :
  1. Pada pembuatan Aplikasi E-learning untuk kursus komputer ini hanya memberikan kursus pada bagian design grafis yaitu photoshop.
  2. Pada  pembuatan Aplikasi  E-learning   diakses melalui internet.
  3. Aplikasi  yang  dibangun  merupakan  aplikasi Education berbasiskan Web.
  4. Bahasa  pemrograman  yang  digunakan  adalah  PHP  dengan menggunakan XAMPP dan MySQL sebagai databasenya .
  5. Pada pembuatan kursus online ini, hanya memberikan kursus photoshop sebagai contohnya.
1.4    Tujuan dan Manfaat
a. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :
  1. Merancang suatu aplikasi E-learning menggunakan Moodle untuk kursus online sebagai sarana pembelajaran.
  2. Menerapkan Moodle sebagai media belajar untuk kursus komputer dengan memanfaatkan sistem web based learning.
  3. Memberikan kemudahan kepada para peserta didik untuk dapat mengikuti pembelajaran diluar jam kuliah maupun sekolah, untuk mendapatkan ilmu tambahan.
b. Adapun manfaat dari penulisan skripsi ini adalah :
  1. Dengan adanya kursus online ini para murid dapat terbantu guna memperoleh ilmu dan pembelajaran baik untuk tahap dasar,menengah maupun mahir
  2. Dapat membantu proses pembelajaran diluar sekolah, guna memdapatkan pengetahuan lebih mengenai bahan yang dipelajari disekolah maupun kampus.
  3.  Sebagai sarana guna penyampaian pembelajaran yang up to date kepada para peserta didik
1.5    Metode Penelitian
Untuk  memenuhi kebutuhan materi yang diperlukan serta memperlancar penulisan , maka data yang diperlukan didapat dari berbagai sumber yang ada seperti :
  1. Library Research ( Studi Pustaka ) Mendapatkan atau mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penulisan skripsi melalui buku-buku, maupun internet.
  2.  Metode Browsing Untuk mendapatkan data-data yang berasal dengan pencarian dari internet sebagai bahan masukan dalam perancangan E-learning 
1.6    Sistematika Penulisan 
Berikut adalah sistematika pada penulisan skripsi ini :

BAB I    : PENDAHULUAN.

Berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah,batasan masalah,  tujuan dan mamfaat penulisan skripsi, , metode penelitian serta sistematika penulisan.

BAB II    : LANDASAN TEORITIS.

Berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan isi penulisan skripsi dan pendukung dalam pemecahan masalah yang dianggap relevan dengan permasalahan.

BAB III    : ANALISA DAN PERANCANGAN

Berisi tentang perancangan dan design aplikasi kursus komputer  dengan menggunakan metode web based learning, serta tentang perancangan desain system, proses uml menggunakan use case diagram, actifity diagram serta sequence diagram.

BAB IV    : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Berisi tentang Algorima dari perancangan dan implementasi dari system yang dirancaang.

BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang kesimpulan dan saran dari penulisan skripsi

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar