Kamis, 02 Mei 2013

Gejalan Penyakit Kanker Serviks dan Penyebabnya

Gejalan Penyakit Kanker Serviks dan Penyebabnya

1. Pengertian Kanker serviks
Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu, bagian rahim yang terletak di bawah, yang membuka ke arah liang vagina.
  1. Keluar cairan encer dari vagina atau biasa disebut keputihan, bahkan, pada stadium lanjut cairan berwarna kuning kemerahan dengan bau sangat menyengat.
  2. Perdarahan setelah senggama yang kemudian berlanjut menjadi perdarahan yang abnormal
  3. Perdarahan antara haid atau setelah mati haid (menopause).
  4. Rasa berat di perut bawah.
  5. Rasa kering di vagina.
  6. Sering timbul rasa gatal yang berlebihan di bagian dalam vagina, bahkan terkadang timbul koreng di bagian dalam vagina.
  7. Timbul gejala kekurangan darah (anemia) bila terjadi perdarahan kronis, misalnya pucat, lesu, mudah lelah, mengantuk, berdebar 
  8. Pada stadium lanjut, badan menjadi kurus karena kurang gizi, edema kaki, iritasi kandung kemih dan poros usus besar bagian bawah (rectum), terbentuk fistel rektovaginal dan gejala-gejala akibat metasfasis jauh.

3.Penyebab kanker serviks
Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang

menyerang leher rahim..Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Namun, selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

4. Cara Mencegah Kanker Serviks
Dengan cara tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti, rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual, memelihara kesehatan tubuh, dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual Pada pertengahan tahun 2006 telah beredar vaksin pencegah infeksi l. HPV tipe 16 dan 18 yang menjadi penyebab kanker serviks

5. Cara Mengobati Kanker Serviks
penderita kanker serviks biasanya datang ke rumah sakit ketika penyakitnya sudah mencapai stadium 3. Masalahnya, kanker serviks yang sudah mencapai stadium 2 sampai stadium 4 telah mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh, seperti kandung kemih, ginjal, dan lainnya. Karenanya, operasi pengangkatan rahim saja tidak cukup membuat penderita sembuh seperti sedia kala. Selain operasi, penderita masih harus mendapatkan terapi tambahan.

6.Makanan Yag Dianjurkan :
 Sereal padi-padian utuh
- Gandum        - Apel    - Kol
- Wortel        - Ketimun    -Seledri
-  pepaya        - Anggur    -Pepaya
- Selada        - Kentang

7.Makanan Yang Tidak Dianjurkan

_ Garam
_ Gula
_ Minyak olahan dan minyak murni
_ Susu dan produk-produk susu
_ Daging dan proteinnya
_ Makanan yang mengandung kimia : pengawet, pewarna,pemberi rasa,

8. Contoh Menu Sehari Pada Penderita Kanker  Serviks :
PAGI:
08.00 WIB
     Sup pure kentang
     jus  tomat
10.0    WIB
     kue dadar

SIANG :           
13.00 WIB
     nasi putih
     tumis brokoli
     ikan kakap gulai
     buah apel
16.00 WIB
     sop jamur

MALAM :
18.00 WIB
     Nasi putih
     Udang rolate
     Tumis kol
     Jus Wortel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar