Jumat, 16 Agustus 2013

Struktur Tumbuhan dan Fungsi Tumbuh Tumbuhan

Struktur Tumbuhan dan Fungsi Tumbuh Tumbuhan
Tumbuhan Tersusun dari organ organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang khusus Berikut ini akan dijelaskan berbagai organ pada tumbuhan beserta fungsinya bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

1. akar
pada umumnya akar merupakan bagian tumbuhan yang terdapat di dalam tanah. Selain di dalam tanah, ada beberapa tumbuhan yang akarnya tumbuh dari bagian batang, misalnya tumbuhan beringin. Pada tumbuhan beringin ada akar yang yang disebut akar gantung. Pada tanaman bakau di pantai berlumpur, akarnya tumbuh dari batang yang memberi gelombang air laut

STRUKTUR AKAR 
dilihat dari struktur luarnya, akar dapat dibedakan bagian-bagiannya menjadi tudung akar dan rambut rambut akar. Tudung akar terdapat pada ujung akar dan fungsi sebagai tutup pelinung dari partikel tanah yang bergerigi dan bertepi tajam

Tumbuhan memiliki lebih banyak rambut akar daripada akar. Rambut akar berfungsi untuk memperluas permukaan akar . Hal ini sangat penting untuk menyerap air dan zak makanan dari dalam tanah.

jenis akar pada tumbuhan terdiri atas akar serabut dan akar tunggang. Kedua jenis akar tersebut tersusun dari beberapa bagian. Bagian apa saja yang menyusunnya? mari kita pelajari bersama bagian bagian yang menyusun organ akar sebagai berikut.

1) Epidermis (Kulit Luar)
Epidermis dibentuk oleh sel sel yang berlindung tipis . dinding yang tipis ini berfungsi untuk memudahkan air masuk ke dalm akar. Jaringan epidermis akan membentuk tonjolan yang disebut bulu bulu akar. Bulu-bulu akar ini berfungsi untuk menyerap air dari dalam tanah.

2) Korteks
Korteks dibentuk dari beberapa sel yang susunannya longgar. Hal ini berperan penting untuk terjadinya pertukaran gas melalui rongga antarsel. Korteks pada beberapa tumbuhan berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan.

3) Endodermis
Endodermis tersusun dari sel sel yang memiliki cincin kaspari yang merupakan penabalan radial dari dinding selnya. Cincin kaspari ini berguna untuk mengatur zat yang berdifusi dari korteks ke silinder pusat.

3) Silinder Pusat (stele)
silinder pusat dibentuk oleh perisikel dan berkas-berkas pembuluh. perisikel terapat di samping silinder pusat yang berfungsi membentuk cabang akar. berkas berkas pembuluh tersusun dari xilem dan floem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar