Minggu, 18 Agustus 2013

Adab dalam Ziarah Kubur Menurut Islam dan Rasul

Adab dalam Ziarah Kubur Menurut Islam dan Rasul

Dalam ziarah kubur ada adab dan istiadat yang harus diperhatikan ketika ziarah kubur, langsung saja antara lain sebagai berikut :


- Ziarah kubur hendaknya didasari dengan niat ikhlas karena Allah SWT serta dimaksudkan untuk memperoleh rida-Nya.
- Hendaknya berpakaian sopan dan menutup aurat
- hendaknya mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendoakan agar mereka memperoleh keselamatan serta kesejahteraan di alam kuburannya, seperti yang telah diajarkan oleh rasulullah SAW yang artinya: "semoga keselamatan dan kesejahteraan allah limpahkan kepada kamu semua wahai penghuni alam kubur, dari kalangan orang orang beriman dan orang orang islam dan sesungguhnya kami insya allah akan menyusul serta bertemu dengan kamu semua. kami mohon kepada allah agar kami dan kamu semua memperoleh kesejahteraan. :(H.R muslim dan Ahmad)

- ketika berziarah tidak boleh menginjak nginjak dan duduk duduk di atas makan serta melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak pantas, seperti kencing, meludah, dan membuang sampah ke atas makam.

- tidak boleh meminta tolong kepada penghuni kubur yang diziarahi, misalnya minta lulus ujian, minta cepat dapat jodoh, minta naik pangkat dan mohon kesembuhan dari suatu penyakit. permintaan-permintaan kepada penghuni alam kubur termasuk perbuatan syirik yang harus dijauhi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar