Sabtu, 17 Agustus 2013

Keteladanan Rasulullah SAW dalam Bekerja

Pada masa kecil dan usia muda, Nabi SAW mengembalakan kambing milik Bani Sa'ad, milik penduduk mekah dan milik penduduk luar kota mekah . Nabi SAW memperoleh upah dari mereka.

Sebelum Nabi Muhammad SAW menikah dan diangkat menjadi rasul, beliau terkenal di kalangan penduduk Mekah sebagai orang yang berakhlak mulia, berperilaku benar dan jujur (dapat dipercaya). Sehubungan dengan itu, seorang janda kaya penduduk mekah yang bernama Khadijah meminta kesediaan Nabi Muhammad untuk memperdagangkan harta perniagaannya ke negeri syam, dengan ditemani seorang pembantu yang bernama Maesarah. Permintaan tersebut diterima baik oleh nabi Muhammad SAW. dalam usaha dagangannya, beliau memperoleh keuntungan yang besar karena keramah-tamahan dan kejujurannya dalam berdagang.

seorang hamba sahaya yang beragama islam, yaitu Salman Al-Farisi, dijanjikan oleh tuannya akan dimerdekakan asalkan mampu menyerahkan kepada tuannya uang emas sebanyak empat puluh ukiyah dan menanamkan untuk tuannya tiga ratus pohon kurma. Mengetahui hal itu , Rasulullah SAW meminta kepada para sahabatnya untuk membantu salman Al-farisi mencarikan bibit kurma. para sahabat memenuhi permintaan rasulullah SAW, dan mereka berhasil mengumpulkan 300 bibit kurma dan menyerahkan kepada salman al-farisi atas perintah rasulullah SAW. salman al-farisi menggali sendiri lubang lubang untuk menanam bibit kurma itu . sedangkan penanamannya Rasulullah SAW ikut membantunya.

Mengenai uang emas sebanyak empat belas ukiyah, karena Rasulullah SAW mengetahui bahwa Salman Al-Farisi tidak memiliki uang sebanyak itu, dan kebetulan Rasulullah memilikinya, lalu Rasulullah menyerahkan uang sebanyak itu kepada Salman Al-Farisi untuk menebus dirinya.

Setelah Salman Al-Farisi menjadi muslim yang merdeka, beliau ikut berjuang bersama Rasullulah SAW dalam menegakan islam dan mendakwahkannya. Karena kepandaian, kejujuran, dan kesederhanaan, khalifah Umar bin khatab mengangkat Salman Al-farisi menjadi gubernur di Madina. Beliau wafat pada awal pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar