Sabtu, 10 Agustus 2013

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari hari

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang ada pada saat ini. Internet merupakan dunia maya tanpa batas (cyberspace) yang tidak mengenal batas-batas suku, bangsa, dan benua.
        
Tingginya mobilitas penggunaan inernet menurut jaringan internet yang lebih fleksibel, sehingga seseorang yang sering bepergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dikembangkan jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti telepon seluler. Jaringan ini dikenal sebagai jaringan internet tanpa tanpa kabel (nirkabel) yang dikenal dengan Wirelles Application Protocol (WAP). WAP dalam beroperasi dapat menggunakan bantuan telepon selular sebagai sarana penghubung.
       Pemakai komputer atau user dapat melakukan banyak hal melalui internet, seperti :
  • mencari informasi (hosting)
  • belanja (e-commerce)
  • berkirim surat (e-mail)
  • mengobrol (chatting), dan 
  • research dengan internet
       Hosting banyak dilakukan pengguna internet karena dengan hosting dapat diperoleh informasi yang banyak. Untuk para pencari referensi , dapat menggambarkan internet sebagai perpustakaan yang serba lengkap.
    
 Hosting dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mencari berita, referensi, dan bacaan penunjang yang sulit didapatkan dalam perpustakan konvensional. Saat ini banyak para pemakai internet yang segera mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya untuk di publikasi dan menyebarkan pada masyarakat luas.
     
Saat ini di internet banyak di tawarkan barang, kita dapat membeli barang yang di tawarkan tanpa harus mengunjungi penjual. Sistem pembayaran dapat melallui sistem transfer atau sesuai dengan perjanjian pada saat mengadakan pertemuan di internet. Sistem perdagangan seperti ini di kenal sebagai E-commerce . E-commerce menawarkan kemudahan dalam transaksi jual beli secara cepat walaupun pembeli berada pada tempat yang jauh tetap bsa bertransaksi secara langsung.
     
Kemudahan kemudahan yang ditawarkan memberikan efek negatif, karena pembeli dan penjual tidak bertemu muka, bahkan hanya kenal di dunia maya saja tanpa tahu kondisi yang sebenarnya. Kelemahan lain banyaknya paara pembeli yang menggunakan alamat palsu dalam pemberian barang secara kredit sehingga para penjual tidak dapat menagihnya. Penipuan modus seperti ini sering terjadi di dalam bisnis E-commerce ditambah lagi pembobolan terhadap kartu kredit seseorang yang menggunakannya untuk berbelanja tanpa rasa kemanusiaan, sehingga sangat merugikan pemilik kartu kredit sebenarnya.
     
Berkirim surat atau dikenal dengan sebutan E-mail saat ini sangat populer bagi para pengguna komputer. Melalui E-mail, pengiriman surat dapat dilakukan secara langsung dan diterima secara langsung asal penerimanya sedang On Line. Jika kita menggunakan pengiriman secara konfensional maka sangat di pengaruhi oleh jarak, jika jaraknya jauh maka akan memakan waktu yang cukup lama, belum lagi faktor-faktor lain seperti faktor alam dan sumber daya pengiriman yang akan menambah lamanya kiriman surat ke tujuan. Akan tetapi jika kita mengirim surat melalui E-mail, surat yang dikirim dapat langsung diterima oleh si penerima. Kemudahan inilah yang ditawarkan oleh komputer khususnya E-mail lewat internet. Pengiriman ke seluruh penjuru dunia dapat diterima secara langsung.
      
Chatting merupaan pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan media bunyi untuk berkomunikasi, sedangkan chatting di internet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan fasilitas lainnya , dalam internet ditawarkan kemudahan, kecepatan dan biaya yang murah. Chatting juga demikian, meskipun kita ngobraol dengan kawan di luar negeri misalnya, di Australia atau di Jepang, maka kita tetap menggunakan biaya pulsa lokal. Coba bandingkan jika menggunakan telepon, apalagi telepon selular, tentu sangat mahal bukan? oleh karena itu, pemahaman tentang internet ini sangat penting baik untuk Hosting, E-mail atau Chatting.
    
 Research dengan internet saat ini juga sudah lazim digunakan oleh seseorang yang menginginkan referensi untuk tulisannya. Di internet tersedia sumber bacaan lengkap dan berbiaya murah. Informasi di internet juga dapat berubah setiap jam, menit bahkan detik karena banyak orang yang mengupload informasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar