Senin, 19 Agustus 2013

Sejarah Ditemukannya Magnet

Sejarah Ditemukannya Magnet

Pada zaman dahulu manusia sangat tertarik pada sejenis batu yang mempunyai kekuatan aneh. Kekuatan aneh tersebut ialah dapat menarik serpihan besi. Hal itu mempengaruhi pikiran mereka, sehingga mucul berbagai cerita rakyat tentang batu. Bahkan ada yang percaya bahwa batu itu mempunyai kekuatan ghaib. Mereka yang membawa batu itu di kepalanya, dapat berbicara dengan dewa dewa mereka. Ada juga yang memakai batu tersebut untuk hiasan cincin yang juga bertujuan dapat menarik hati orang yang disayanginya.

Di beberapa negara batu tersebut dikenal dengan nama batu kutub (artinya batu penemuan arah). Batu ini digunakan untuk mencari arah selatan. Batu kutub yang bersifat magnetik, merupakan magnet alam. Magnetik banyak terdapat di Magnesia. Magnesia adalah nama sebuah Kota di Asia Kecil. Bahkan mungkin istilah magnet berasal dari nama tempat itu.

salah satu cerita rakyat yang lain tetang magnet berasal dari yunani kuno. Ceritanya sebagai berikut. Ada seorang anak Gembala yang bernama magnes. Sewaktu mengembala domba-dombanya, dia beristirahat, duduk di atas sebuah batu besar dan hitam. Tongkatnya dietakkan juga di atas batu tersebut. Ketika dia hendak mengambil tongkatnya, ternyata ujung tongkat yang terbuat dari besi melekat dengan kuat pada batu tersebut. Dia tak mau kehilangan tongkatnya, sehingga ditariknya tongkat kuat kuat. Temannya pun datang membantu magnes, tetapi tongkat tetap tak bisa lepas. Konon kabarnya, dari nama mangnes itulah muncul nama magnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar