Sabtu, 14 September 2013

Tips Aman Melewati Razia Polisi

Berikut ini tips dari saya bila anda ingin aman melewati operasi polisi lalu lintas :
  1. Ketika membawa kendaraan jangan lupa kendaraan harus lengkap dan bawa dokumen kendaraan seperti STNK, SIM (yang punya sendiri bukan punya orang) dan tentu saja pajak nomor kendaraan sudah lunas.
  2. Ketika melewati lokasi operasi, berikan penghormatan kepada polisi yang bertugas. Perlihatkan bahwa anda adalah orang baik.
  3. Lambatkan laju kendaraan anda. Upayakan berjalan di jalur kiri sehingga terlihat jelas oleh polisi yang bertugas.
  4. Untuk pengendara motor buka kaca helm anda baik helmnya full-face atau half-face.
  5. Tatap satu persatu mata polisi yang sedang bertugas menghentikan kendaraan. Perlihatkan bahwa anda siap kalau akan diperiksa.
  6. Jangan pernah bersembunyi dari polisi dengan cara bersembunyi di balik mobil atau angkot yang sedang lewat.
Akhir akhir ini banyak sekali para oknum polisi yang sering melakukan razia khususnya untuk kendaraan roda dua, mungkin bagi para pengendara yang mempunyai surat surat kompleks dan kondisi kendaraan bermotor yang layak bukan menjadikan hal yang menakutkan, tetapi sebaliknya bagi para pengendara yang tidak mempunyai surat surat, baik STNK, SIM, maupun kondisi kendaraan yang tidak layak dijalan, merupakan masalah besar bagi mereka apabila terjadi tiba tiba razia. Disamping itu banyaknya oknum polisi yang mencari uang tambahan dengan menggelar razia, padahal razia yang mereka lakukan belum tentu razia resmi dari kepolisian, hanya sekedar razia tambahan untuk kantong saku mereka. Mungkin tips dibawah ini dapat bermanfaat bagi anda.
Memutar balik arah atau mencari gang kecil. Bila kita sedang berkendara motor melihat sekitar 500m kemudian terdapat razia motor & kelengkapannya. Segera memutar balik arah dan cari jalan alternatif lain yang bisa sampai ke tujuan kita. Ingat jangan sampai polisi curiga atau melihat kita memutar arah secara mendadak. Karena masih jarak 500 meter segera memutar arah. Bisa dengan ketika jarak 500 meter ada ramai-ramai dengan sigap Anda masuk ke gang kecil untuk kabur dan Anda bisa tanya kewarga setempat dari gang untuk bisa sampai kejalan utama lewat mana selain jalan razia tersebut.
Bersembunyi dibalik kendaraan besar. Cara ini merupakan cara yang dapat anda lakukan jika tidak ada lagi jalan lain untuk menuju lokasi yang anda tuju selain melalui jalur yang sedang dirazia. Segera anda mengambil ancang-ancang untuk mengendarai motor Anda di sela-sela atau di sebelah kanan mobil/Truck yang berukuran besar. Cara ini berfungsi agar menghalangi pandangan polisi dan begitu berhasil segera anda laju motor anda secepat mungkin, tetapi berhati hatilah karena ingat sebelah Anda kendaraan besar. Untuk melakukan ini anda dapat lakukan bila kondisi jalan yang di razia tidak terlalu macet. Tapi yang namanya razia selalu agak macet karena biasanya ramai.
Beralasan mogok. Trik ini merupakan cara paling ampuh 80% pasti berhasil. Anda dapat lakukan pada jarak 400/300 meter dari lokasi razia dan bila di sekitar lokasi tidak ada bengkel. Maksudnya anda berpura-pura kendaraan anda rusak atau mogok lalu anda menuntunnya untuk mencari bengkel sambil melewati lokasi razia. Ingat !! anda tidak boleh gugup atau mencurigakan. Tuntunlah motor anda dengan tenang sampai kira-kira anda merasa sudah aman dari razia. Lalu selanjutnya anda nyalakan dan pergi segera dari lokasi razia agar tidak terkejar.
Beralasan tersesat. Untuk cara ini benar-benar dibutuhkan keberanian dan ketenangan ekspresi dari wajah anda. Dekati salah satu polisi sebelum anda di suruh untuk menepikan kendaraan anda. Segera anda berbasa-basi menanyakan arah jalan yang benar dan yang searah dengan tujuan Anda. Dijamin polisi dengan senang hati menerangkan kepada anda, karena prinsip dasar polisi ialah mengayomi masyarakat. Begitu polisi selesai menerangkan jalan, segera ucapkan terima kasih dan pergi. Lolos dengan aman tanpa dosa, karena ketika kita bertanya arah yang kita tuju, kita memang benar-benar mengarah kesana dan bukan mengada-ada kan. Jadi kita tidak berbohong.
Uang dibalik STNK. Cara merupakan cara paling bagus apabila posisi kita telah tertilang, ini bisa anda lakukan jika anda memiliki STNK & nasib anda benar-benar apes jika terkena razia. Sebelumnya selalu selipkan uang 5000 atau 10000 rupiah pada plastik pembungkus STNK motor kita. Begitu di minta menunjukkan STNK segera berikan STNK anda. Maka mau tidak mau polisi akan melihat uang tersebut.
Jika beliau bertanya "ini uang apa?" atau "uang buat apa ?" segera jawab saja, kalau itu uang jaga-jaga buat tambal ban atau beli bensin. Tujuannya agar polisi itu berpikir ulang untuk meminta uang tilang damai. Begitu polisi tsb menawarkan damai kpd anda (Ingat Jangan anda yang meminta damai,tunggu polisi yang menawarkan kepada anda), sehingga ia tidak tega menilang dgn meminta uang yg besar. Jika ia meminta uang segera anda berikan saja uang yg ada pada STNK tersebut. Dan lakukan sepintar-pintarnya anda dalam mendramatisir kalau hanya uang itu yg anda punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar