Minggu, 29 September 2013

Perilaku yang Mencerminkan Keimanan

Perilaku yang Mencerminkan Keimanan kepada Hari Akhir ,  antara lain :
  1. senantiasa bertaqwa kepada allah, yakni melaksanakan semua perintahnya dan meninggalkan larang larangannya
  2. disiplin dalam melaksanakan shalat lima waktu dan ibadah ibadah lain yang hukumnya wajib.
  3. mencintai fakir miskin dan anak anak yatim yang diwujudkan melalui sikap, ucapan , perbuatan, dan bantuan harta benda seperti dengan memberi santunan , memelihara dan mengasuhnya.
  4.  berperilaku baik terhadap tetangga menghormati tamu, dan bertutur kata yang baik baik saja atau diam
  5. melaksanakan tujuh macam perilaku yang menyebabkan memperoleh naungan (perlindungan) Allah di akhirat kelak, yaitu imam (pemimpin) yang adil; pemuda yang rajin beribadah kepada allah ; orang yang hatinya selalu rindu dengan mesjid; dua orang yang berkasih sayang dengan dilandasi niat ikhlas karena allah, baik ketika keduanya berkumpul maupun pada waktu berpisah; sorang laki laki yang diajak berjinah oleh seorang perempuan, kemudian dia menolaknya sambil berkata, " sesungguhnya saya takut kepada allah";orang yang bersedekah secara rahasia, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya dan orang yang mengingat allah ketika sendirian, sehingga mencucurkan air mata.
Senantiasa bertaqwa kepada allah, yakni melaksanakan semua perintahnya dan meninggalkan larang-larangannya , maka dengan hal tersebut akan menyelamatkan kita dari azab Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar