Jumat, 27 September 2013

Pengertian dari Dinul Islam

 Pengertian dari Dinul Islam

Perkataan dinul islam merupakan gabungan dari kata addin dan al islamu dalam bahasa arab, kata addin berarti : agama, hukum, kelakuan, peraturan dan hari kemudian. Sedangkan kata al islamu berarti penyerahan (taslimu), keselamatan (salamun), perdamaian (silmun), dan tangga (sullamun).

Menurut istilah, dinul islam adalah agama wahyu atau agama samawi yaitu agama yang berasal dari allah swt diwahyukan kepada manusia yang dipilihnya(rasul) . Kemudian wahyu wahyu itu diwujudkan menjadi kitab suci . Kitab suci yang dijadikan pedoman hidup umat manusia agar mereka  berbahagi didunia dan akhirat.

Dinul Islam diwahyukan allah swt kepada rasulnya yang terakhir, nabi muhammad saw, merupakan agama samawi terakhir. sebagai agama terakhir , agama islam adalah agama yang sudah sempurna, sesuai dengan perkembangan jaman, kekal sampai hari kiamat nanti. Agama islam adalah satu satunya agama yang sah dan diridoi allah swt. oleh karena itu , agama islam harus dijadikan sebagai pedoman hidup umat manusia sepanjang masa . Dalam hal ini Allah swt berfirman :

Artinya :
Sesungguhnya agama (yang diridoi) di sisi Allah hanyalah Islam.  " (Q.S. Ali Imran: 19)

dan firman allah yang artinya :
Barangsiapa yang allah kehendaki akan diberikan kepadanya petunjuk, niscaya dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. (Q.S Al An'am: 125)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar