Jumat, 27 September 2013

Cara Efektif Memahami Perilaku Anak

Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Pada usia Dini 
setiap anak adalah individu yang khas dan unik yang sejak lahir sudah dibekali dengan berbagai potensi, emosi, dan perasaan serta watak yang berbeda antara individu yang satu dengan yang lainya. Karena watak watak yang dimiliki seorang anak merupakan hasil belajar dan sekaligus didasarkan atas faktor keturunan.

Watak seorang anak akan tercermin dari tingkah laku serta perbuatannya dalam kehidupan sehari hari. Watak dapat dibentuk melalui latihan atau kedisiplinan di lingkungan rumah dan sekolah . Anak sangat mudah sekali untuk meniru terutama orang yang ada di sekitar lingkungan anak tersebut akan mengidentifikasi dirinya dengan orang atau tokoh yang ditirunya terutama kedua orang tuanya.

Menjadi contoh atau teladan yang baik adalah cara yang tepat bagi orang tua atau teladan yang baik adalah cara yang tepat bagi orang tua atau orang dewasa lainnya dalam mendidik anak melalui pendekatan positif dan bisa juga dengan cara memberikan dorongan (motivasi), pujian, dan hadiah(imbalan). Tetapi , seringkali orangtua menggunakan pendekatan yang negatif dalam mendidik anak seperti omelan dan hukuman secara fisik secara berlebihan bahkan memberatkan bagi anak. Dengan pendekatan yang positif , orangtua lebih memandang anak sebagai teman dari pada lawan, sehingga anak pun akan merasa bahwa orangtua adalah sebagai tempat atau wadah mencurahkan segala isi hatinya serta kesulitan yang dihadapi. bukan sebagai orang yang ditakuti. Terkadang orangtua perlu juga memberikan hukuman kepada anak dimana hukuman tersebut merupakan alternatif terakhir, apabila anak tersebut sudah diberikan teguran, nasehat, dan peringatan, akan tetapi masih tetap dilakukan, maka hukuman baru boleh diberikan. 

Menghukum anak karena lantaran kesalahan yang diperbuat oleh anak itu sendiri adalah sesuatu hal yang wajar, dimana orangtua memiliki tujuan untuk mendisiplinkan anak dan mengubah perilaku yang buruk atau menyimpang dari anak tersebut. 

sampai disini dulu  pembahasan tentang Cara Efektif Memahami Perilaku Anak kalu ada kesempatan admin akan menyambungkan lagi tulisan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar