Jumat, 27 September 2013

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau

 Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau

Salah satu kemampuan yang dimiliki tumbuhan dan tidak dimiliki oleh hewan adalah kemampuan untuk memperoleh makanannya sendiri melalui suatu proses yang disebut fotosintesi. Kemampuan  proses pada tumbuhan karena tumbuhan memiliki Klorofil atau zat hijau daun. Klorofil terdapat di dalam daun, yaitu pada organel sel yang disebut kloroplas atau sering disebut butir hijau daun. Itulah sebabnya daun daun pada sebagian besar tumbuhan berwarna hijau.

seperti telah dijelaskan sebelumnya, daun merupakan organ tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah. Setiap hari daun terkena sinar matahari. Sinar matahari inilah yang membantu tumbuhan untuk melangsungkan proses fotosintesis tersebut.


Semua bagian tumbuhan yang berwarna hijau , termasuk batang yang masih muda dan buah yang belum matang, dapat melangsungkan proses fotosintesis. Hal ini dapat dilakukan karena bagian  tumbuhan yangberwarna hijau memiliki kloroplas. Namun daun merupakan tempat utama berlangsungnya fotosintesis pada sebagian besar tumbuhan.

daun banyak mengandung kloroplas . Terdapat kira kira setengah juta kloroplas tiap mililiter persegi permukaan aun. warna hijau pada daun berasal dari klorofil . Klorofil merupakan pigmen berwarna hijau yang terdapat dalam kloroplas. Klorofil berperan dalam menangkap energi cahaya matahari untuk melakukan fotosintesi kloroplas terutama ditemukan pada bagian sel mesofil (daging daun) , yaitu jaringan yang terdaoat pada bagian dalam daun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar