Kamis, 05 Desember 2013

Game - Quiz interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8

Membuat Game dari Macromedia Flash 8 , Membuat Calkulator Macromedia Flash 8

sebenarnya ini bukan game tapi kalkulator yang dibuat konsep seperti game,
tutorial ini hanya untuk pelajaran saja , karna tutorial ini tugas dari dosen saya yang saya publikasikan untuk umum langsung saja kita lihat cara pembuatannya.
 
Langkah Pertama Buka Macromedia Flash 8 , maka akan muncul jendela utama macromedia flash 8 pilih Flash Document.
Ganti Nama Layer Menjadi Layer Game.

Kemudian pada frame 1 kita desain cover utama game tersebut seperti gambar dibawah ini.
Cara Mendesain cover utama :
  • Ubah beckground document menjadi warna hitam.
  • Untuk membuat teks , kita gunakan text toll yang berada pada Menu Toll yang berlogo huruh A . kita rubah properties teks tersebut.
  • Untuk membuat Objek orang gunakan line tool dan ubah bentuk garis dengan selection tool sesuai bentuk gambar.
  • Untuk membuat tombol, pertama sekali kita buat symbol baru dengan cara tekan tombol keyboard Ctrl + F8 maka akan mucul jendela create new symbol, kita ganti type menjadi Button kemudian OK.

  • Kemudian kita desain objek tombol tersebut menggunakan Rectangle Tool.
  • Tambahkan efek pada semua tombol agar ketika kursor diletakkan di atas tombol pilihan atau tombol ditekan, tombol akan berubah warna.
 
  • Setelah itu klik scene . maka tombol akan berada pada jendela library.
  • Drak tombol yang kita buat ke layer game, kemudian atur posisi tombol.
  • kemudian klik tombol tersebut , tekan F9 Maka akan Muncul Jendela Actions ketikan kode :
on(release){
gotoAndPlay(2);
}

Arti dari code perogram tersebut bila di translate ke indonesia.
gotoAndPlay (2)= pergi dan memulai. 2 berarti mulai di frame ke 2
  • Setelah itu masukan kodescrib stop (); pada frame 1, bertujuan agar tidak setelah di jalankan frame tidak berpindah pindah.
Langkah selanjutnya kita desain menu utama pada frame 2, dan desain seperti gambar di bawah ini.

  • Cara membuat tombol sudah di jelaskan pada pembuatan cover sebelumnya jadi tidak saya jelaskan lagi.
  • Disini saya jelaskan isi code scrib pada masing masing tombol.
-    Frame 2
stop ();
onEnterFrame=function(){
}

-    Tombol Easy
on(release){
gotoAndPlay(3);
}

-    Tombol Medium
on(release){
gotoAndPlay(4);
}

-    Tombol Hard
on(release){
gotoAndPlay(5);
}


Kemudian kita desain objek - objek level easy seperti gambar di bawah ini.


  • Buatlah 3 buat text dengan type text = input text var =satu
  • Buat 2 buah tombol seperti terlihat pada gambar
  • Untuk durasi buat dengan type text = dynamic text var=waktu
Kemudian isikan codescrib di action pada frame 3 level easy :
stop ();
waktu=250;
onEnterFrame=function(){
    if(waktu>0){
        waktu--;
    }
    if(waktu==0){
        gotoAndStop(250);
    }
}

Tombol Hasil
on(press){
tiga=Number(satu)+Number(dua);
}

Tombol Acak
on (press){
    satu=random(50);
    dua=random(50);
}

Kemudian kita desain objek - objek level Medium seperti gambar di bawah ini.

Kemudian isikan codescrib di action pada frame 4 level medium :
stop ();
waktu=100;
onEnterFrame=function(){
    if(waktu>0){
        waktu--;
    }
    if(waktu==0){
        gotoAndStop(100);
    }
}

Tombol Hasil
on(press){
tiga=Number(satu)+Number(dua);
}

Tombol Acak
on (press){
    satu=random(500);
    dua=random(500);
}

Kemudian kita desain objek - objek level Hard seperti gambar di bawah ini.

Kemudian isikan codescrib di action pada frame 5 level hard :
stop ();
waktu=50;
onEnterFrame=function(){
    if(waktu>0){
        waktu--;
    }
    if(waktu==0){
        gotoAndStop(50);
    }
}

Tombol Hasil
on(press){
tiga=Number(satu)+Number(dua);
}

Tombol Acak
on (press){
    satu=random(1000);
    dua=random(1000);
}

Setelah selesai mendesain di frame level kemudian kita gambar objek game over di  frame 6 seperti gambar dibawah ini.
Menu Utama
on(release){
gotoAndPlay(1);
}

Coba Lagi
on(press){
    gotoAndStop(2);
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar