Sabtu, 09 November 2013

Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Ekosistem tersusun dari berbagai makhluk hidup yang terdiri atas individu, populasi, komunitas lingkungan hidup, dan lingkungan dunia atau biosfer.

1. Individu
Individu adalah makhluk hidup tunggal yang secara otonom dapat melakukan proses-proses hidup secara mandiri. Untuk mempermu dah memahami kriteria individu makhluk hidup, ada tiga kriteria tentang individu, yaitu sebagai berikut:
  1. individu selalu menggambarkan sifat tunggal
  2. dalam diri yang tunggal proses hidupnya berlangsung sendiri -sendiri
  3. proses hidup yang satu dengan yang lain berbeda. Contoh satu pohon jambu, seekor kelinci, serumpun padi (bukan sebatang padi).

2. Populasi
Populasi adalah kumpulan dari individu -individu yang terdiri dari satu spesies yang secara bersama -sama menempati area wilayah yang sama, tergantung pada bahan makanan yang sama, dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang sama serta memiliki kemungkinan yang tinggi untuk berinteraksi satu sama lain. Populasi tidak stabil, tetapi berubah secara dinamis karena dipengaruhi oleh jumlah individu, ruang dan waktu.Contoh populasi badak bercula satu di ujung kulon .

3. Komunitas
Komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi yang saling berinteraksi, menempati suatu daerah, dan dalam waktu tertentu. Setiap komunitas berbeda-beda dalam hal kekayaan spesies, jumlah spesies yang mereka miliki dan kelimpahan relatif spesies. Komunit as biasanya diberi nama berdasarkan jenis vegetasi yang dominan atau universal dari vegetasi yang dominan. Misalnya, seluruh populasi makhluk hidup yang terdapat di sawah membentuk komunitas sawah, seluruh populasi yang terdapat di kebun membentuk  komunita s kebun, komunitas pohon jati, komunitas padang  rumput dan komunitas bakau.

4. Ekosistem
Ekosistem adalah kesatuan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungan biotik dan abiotiknya. Ekosistem biasanya dapat dibedakan berdasarkan habitatnya atau  fungsin ya misalnya  ekosistem danau, ekosistem air laut, dan ekosistem hutan bakau.

5. Bioma
Adalah  kesatuan ekosistem -ekosistem dalam  skala  yang luas yang dibedakan berdasarkan iklim. Misalnya bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, bioma gurun, bioma tundra , dan bioma taiga.

6. Biosfer
Biosfer merupakan lingkungan dunia yang terbentuk dari kumpulan berbagai ekosistem di bumi yang menjadi satu kesatuan. Kerusakan salah satu ekosistem baik langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi
keadaan lingkungan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar