Selasa, 12 November 2013

Jurnal Tentang Firewall.Pdf

Jurnal Tentang Firewall.Pdf

klik disini Download Versi Pdf 
Abstrak
Keamanan pada suatu jaringan sangat mutlak dibutuhkan karena rawannya jaringan apabila terhubung dengan jaringan luar (WAN). Salah satu solusinya adalah dengan membangun firewall sebagai pertahanan pertama pada jaringan yang dimiliki. Firewall itu sendiri berfungsi sebagai filtrasi semua paket yang masuk pada jaringan lokal. Firewall memiliki patch layer 7 filter yang dapat digunakan untuk mem-filter paket berdasakan aplikasinya. Pada tugas akhir ini mencoba mengimplementasikan firewall layer 7 filter pada jaringan Teknik Elektro. Dalam pengaruhnya dengan koneksi pada internet dari jurusan-jurusan lain, ternyata sangat signifikan perbedaannya.
Kata kunci : firewall, layer 7 filter


Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Beberapa tahun terakhir ini perkembangan di bidang informatika dan teknologi bergerak begitu pesat. Komputer dan kemampuannya  dalam berkomunikasi dengan komputer lain dalam suatu jaringan adalah    contoh keberhasilan dari perkembangan di bidang ini. Kebutuhan suatu perusahaan atau instansi dengan ruang lingkup yang luas dan tersebar di suatu wilayah memerlukan suatu koneksi antar gedung.isinilah pentingnya peran komputer dalam membuat jaringan antar  cabang. Dengan penerapan teknologi ini, sangatlah mudah untuk mengirim file dan dokumen-dokumen penting dari tempat satu ke tempat yang lain. Namun teknologi inipun memiliki  kelemahan,  yaitu    sangat    rentan  terhadap pencurian, perusakan, dan kerahasiaan dokumen. Hal ini terjadi karena komputer berada dalam suatu jaringan umum, sehingga file dan dokumen pada suatu perusahaan atau instansi dapat dilihat oleh banyak orang dalam jaringan. Oleh sebab itu, mutlak bagi suatu perusahaan atau untuk memiliki sistem pengamanan (Computer Security) dalam jaringannya. Firewall merupakan salah satu solusi dalam mencegah serangan penyusup tersebut. Dengan mempelajari dengan seksama dan mengaturan hak akses yang dibutuhkan dalam suatu jaringan dan menggunakan software yang sesuai, maka kita dapat merancang firewall yang cocok untuk diterapkan.   

Firewall  sendiri diterapkan  untuk dapat melindungi dengan melakukan filtrasi, membatasi ataupun
menolak suatu koneksi pada jaringan. Tugas akhir ini akan membahas mengenai bagaimana merancang suatu keamanan jaringan berbentuk firewall dengan mengatur policy-policy pada firewall tersebut agar didapatkan suatu jaringan yang aman dan analisis firewall serta penerapan layer 7 filter pada jaringan Teknik Elektro
serta dampak yang ditimbulkan.

1.2 Identifikasi Masalah
Dalam mengimplementasikan firewall layer 7 filter, dapat diidentifikasi dua masalah utama, yaitu :
Pengamanan berdasarkan port untuk melakukan filtrasi hak akses yang bertentangan dan berbahaya bagi
jaringan lokal. 2.  Pengamanan berdasarkan aplikasi seperti bittorrent yang merupakan masalah utama dari jaringan Fakultas Teknik dan Teknik Elektro pada khususnya.

1.3 Batasan Masalah
  1. Tugas akhir ini membahas mengenai Perancangan Keamanan Jaringan berupa Firewall.
  2. Aplikasi utama yang digunakan adalah IPTABLES.
  3. Tugas akhir ini akan merancang Firewall dengan mengatur policy-policy yang diperlukan dalam suatu jaringan komputer serta konsep-konsep yang dapat diterapkan dalam menyusun firewall tersebut.
  4. Layer 7 Filter yang digunakan didapat dari l7filter-filter.sourceforge.net.
  5. Tugas Akhir ini dirancang untuk berjalan di atas Sistem Operasi Linux.
  6. Tidak membahas mengenai source code yang menghasilkan fitur yang digunakan oleh iptables.
  7. Tidak membahas secara detail program penampil aliran data iptraf dan MRTG.

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah menghasilkan suatu jaringan komputer yang aman dengan menerapkan firewall dengan layer 7 filter sebagai filtrasi, pembatas dan sebagai gateway pada jaringan Teknik Elektro dengan cara menentukan policy-policy yang diperlukan dalam jaringan tersebut serta memahami konsep-konsep  yang diterapkan dalam menyusun firewall tersebut.

1.5 Kegunaan Hasil Penelitian
  1. Menghasilkan keamanan pada jaringan Teknik Elektro dari serangan penyusup atau penyalahgunaan hak akses ke jaringan lokal Teknik Elektro.
  2. Menghasilkan keamanan pada jaringan Teknik Elektro dari penyalahgunaan bandwidth yang merupakan masalah utama dari jaringan Fakultas Teknik khususnya Teknik Elektro.
DOWNLOAD SELEKANGKAPNYA JURNAL FIREWALL BENTUK BENTUK PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar