Sabtu, 23 November 2013

Gunung Sinabung Meletus Abu Menyebar Ke Pelosok Sumut

Gunung Sinabung Meletus, Tadi pagi Menyebar Abu vulkanik Gunung sinabung 24 November 2013

 

debu gunung sinabung saat meletuspada pagi ini saya sedang asik asik buka facebook. liat beranda pada buat status smua tentang Hujan abu vulkanik Gunung sinabung menyebar dan berterbangan . makanya saya update postingan tentang gunung sinabung meletus. setelah saya browsing browsing di om google.com saya temukan website berita portal okezone.com yang membahas berita tentang gunung sinabung meletus langsung saja kita baca sobat beritanya. foto disamping saya ambil dari teman facebook saya hartoto dinata.


Gunung Sinabung yang kembali terjadi, membuat empat desa di sekitar kaki gunung terpaksa dikosongkan. Pengosongan keempat desa itu, hingga saat ini secara keseluruhan tujuh desa di sekitar kaki gunung sudah dikosongkan. Empat desa tersebut yakni Desa Kuta Gugung, Desa Kuta Rakyat, Desa Sigarang-garang dan Sukanalu.
gunung sinabung meletus
"Pengosongan ini seiring terus terjadinya erupsi. Hingga Jumat 23 November pukul 22.00 WIB, sudah terjadi tiga kali erupsi," ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (24/11/2013) dini hari.

Sutopo mengatakan, tim yang mengamati Gunung Sinabung tengah kesulitan melakukan pemantauan. Namun, dia mengaku potensi letusan susulan masih cukup besar.

Untuk itu, warga di sekitar gunung, khususnya yang berada di wilayah Barat Daya dan Utara Timur Laut Gunung Sinabung untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Sekarang masih hujan dan bersebut kabut. Kita kesulitan memantau secara fisik aktifitas gunung. Potensi erupsi susulan masih cukup besar, dan karena arah angin menuju utara timur laut, kita meminta masyarakat waspada. Baik dari debu vulkanik, awan panas maupun material batu,"tambahnya.

Belum ada angka pasti, berapa jumlah pengungsi dari keempat desa yang dikosongkan malam tadi. Namun, akan semakin menambah jumlah pengungsi secara cukup signifikan dibandingkan dengan keadaan sore tadi yang telah mencapai 6.301 jiwa (1983 KK).

Sumber: http://news.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar