Kamis, 25 Juli 2013

Skripsi Perancangan Perangkat Lunak Penentuan Peringkat Siswa

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Pendidikan merupakan sebuah proses yang berkesinambungan yang dilakukan secara terencana dan terukur dengan tujuan agar manusia dapat mencapai kehidupan yang lebih baik serta meningkatkan sumber daya manusia dari waktu ke waktu. Dalam pencapaian tujuan tersebut harus ada peranan dan kontribusi dari berbagai pihak baik dari pihak sekolah, pemerintah, swasta, masyarakat, maupun orang tua. Semua aspek tersebut sangat mendukung didalam mencapai tujuan tersebut. Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa oleh guru merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran. Dengan adanya penilaian hasil belajar, guru dapat mengetahui seberapa besar pencapaian siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran atau memahami suatu mata pelajaran secara keseluruhan, sehingga guru dapat menentukan langkah yang akan dilakukan terhadap siswa�siswanya tersebut dan memberikan motivasi kepada siswa-siswanya tersebut.

Dengan demikian guru dan orang tua sangat berperan penting dalam pencapaian siswa untuk memahami suatu materi pembelajaran secara keseluruhan. Teutama orang tua sangat berperan penting dalam meningkatkan pembelajaran anaknya. Orang tua diharapakan memberi motivasi agar anaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai pemahaman yang diajarkan oleh gurunya yang bertujuan meningkatkan mutu sumber daya manusia.

Jika dilihat dari siswa, pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru merupakan sebuah momentum untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan materi dan keterampilan yang telah dicapainya. Agar siswa dapat mengetahui sejauh mana pencapaian materi dan keterampilannya, guru harus melakukan penilaian hasil belajar siswa dengan cara mengolah aspek�aspek penilaian yang ada pada setiap siswa. Berdasarkan hasil penilain tersebut dilakukanlah penentuan peringkat siswa. Dengan adanya penentuan peringkat siswa, siswa dapat membandingkan prestasinya dengan prestasi siswa lain. Sehingga berdasarkan penentuan peringkat tersebut, siswa diharapkan termotivasi untuk belajar lebih baik lagi. Berdasarkan hal tersebut, proses penentuan peringkat siswa haruslah benar�benar sesuai dengan penilaian hasil belajar siswa, yang nantinya menjadi tolak ukur pemahaman siswa. Kesalahan pada penilaian akan berakibat salah pada penentuan peringkat siswa. Jika sampai terjadi kesalahan dalam penentuan peringkat, maka siswa akan salah dalam membandingkan prestasi yang telah dicapainya dengan prestasi siswa yang lain. 

Sehingga dapat menyebabkan siswa menjadi salah pengertian terhadap kemampuannya sendiri. Oleh sebab itu proses penentuan peringkat yang berdasarkan penilaian hasil belajar siswa harus dikelola dan dilakukan dengan cermat sehingga proses penilaian benar�benar menjadi bahan renungan dan refleksi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Jika melihat sisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah sangat pesat. Perkembangannya telah mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Salah satu bidang kejian dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sistem pendukung keputusan (SPK). Keberadaan Sistem  Pendukung Keputusan berguna dalam membantu para pemegang keputusan dalam mengambil keputusan strategis untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Begitu pula dalam penilaian hasil belajar siswa, penggunaan Sistem Pendukung Keputusan diharapkan dapat membantu guru meningkatkan efesiensi waktu dalam mengolah nilai hasil belajar siswa untuk menentukan peringkat siswa.

Dikarenakan aspek penilaian hasil belajar siswa terkadang jumlahnya banyak sehingga menyulitkan para guru, maka harus ada sistem berbasis komputer yang dapat memudahkan dalam mengolah nilai untuk menentukan peringkat siswa. Jika tidak didukung oleh sistem tersebut, proses penentuan peringkat akan memakan waktu yang lama dan rentan akan kesalahan. Oleh sebab itu, perlu dirancang dan dikembangkan Sistem Pendukung Keputusan untuk memudahkan penentuan peringkat siswa berdasarkan penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis menulis judul �Perancangan Perangkat Lunak Penentuan Peringkat Siswa Dalam Evaluasi Hasil Pembelajaran Dengan Menerapkan Metode TOPSIS�

1.2. Perumusan Masalah
Masalah yang dibahas dalam Skripsi ini adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana menerapkan metode TOPSIS yang dapat mendukung proses evaluasi hasil pembelajaran
  2. Bagaimana merancang perangkat lunak untuk menentukan peringkat siswa?


1.3. Batasan Masalah
Sistem pendukung keputusan yang dibuat bertujuan untuk menentukan peringkat siswa. Karena luasnya cakupan perumusan masalah yang penulis teliti maka penulis membuat batasan�batasan masalah secara singkat :
  1. Penulis hanya menentukan peringkat siswa berdasarkan nilai-nilai yang digunakan. 
  2. Penulis hanya menggunakan metode TOPSIS.


1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut :
  1. Menerapkan metode TOPSIS yang dapat mendukung proses evaluasi hasil pembelajaran. 
  2. Merancang perangkat lunak untuk menentukan peringkat siswa?

Manfaat yang diharapkan dengan dibuatnya sistem pendukung keputusan ini adalah akan memudahkan guru dalam mengevaluasi penilaian hasil belajar sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan dan dapat menghemat waktu untuk menentukan peringkat siswa.

1.5. Metode Penelitian

Adapun langkah�langkah yang akan ditempuh dalam proses penelitian selama pengerjaan skripsi ini adalah sebagai berikut :
  1. Metode Kepustakaan (Library Research) 

Penulisan ini dimulai dengan studi kepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan bahan�bahan referensi baik dari buku, artikel, paper, jurnal, makalah, situs internet dan konsep matematis yang mendasarinya serta pemrograman untuk pembuat aplikasinya, dan beberapa referensi lainnya untuk menunjang pencapaian tujuan skripsi yang dibuat.

     2.  Metode Lapangan (Field Research)

a. Observasi. 
Mengamati yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang suatu masalah sehingga diperoleh pemahamannya. Mengamati data yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan agar diperoleh hasil yang baik.

b. Wawancara. 
Proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab. Tanya jawab dengan narasumber yang terkait guna mendapatkan data yang bertujuan untuk memperoleh hasil yang diperlukan dalam Sistem Pendukung Keputusan.

     3.  Labolatorium.
Melakukan penelitian ditempat yang dinamakan labolatorium untuk mendapatkan data tentang suatu masalah sehingga diperoleh hasilnya yang dapat dijadikan bukti didalam penelitian.

     4.  Dokumentasi.
Pengumpulan, pengolahan dan penyebaran suatu data sebagai bukti dari penelitian. Dalam hal ini hasil yang sudah terbukti dapat dikumpulkan dan disebarluaskan.


1.6. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dari skripsi ini terdiri dari beberapa bagian utama sebagai berikut :

BAB I  : PENDAHULUAN
Bab ini akan menjelaskan mengenai Latar Belakang Pemilihan judul, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan  Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan Skripsi.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini akan membahas teori-teori yang berkaitan dengan sistem pendukung keputusan, beasiswa, sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution )

BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini akan menjabarkan tentang tujuan dari perancangan sistem, kriteria dan pilihan kesimpulan dalam menyeleksi beasiswa pada siswa dan juga tahapan dalam merancang sistem pendukung keputusan untuk seleksi peringkat siswa dalam metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution).

BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Bab ini akan membahas bentuk perangkat lunak yang dibuat yaitu perancangan antarmuka, algoritma-algoritma dan bentuk sistem yang digunakan dalam penyusunan fungsi dan prosedur yang membangun program serta tampilan program sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi peringkat siswa dengan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution).

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir akan memuat kesimpulan isi dari keseluruhan uraian bab-bab sebelumnya dan saran-saran dari hasil yang diperoleh dan diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan selanjutnya.


untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar