Sabtu, 27 Juli 2013

Skripsi Perancangan Dan Implementasi Keamanan Data

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi maupun pribadi. Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan resiko bila informasi yang sensitif dan berharga tersebut di buka oleh orang-orang yang tidak berhak. Keamanan data dari sistem informasi  sangat berperan penting, untuk menunjang keaslian dari data tersebut agar tidak mudah dirubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali permasalahan pada komputer seperti data asli hilang, meskipun telah menggunakan pengamanan data seperti password tetap saja ada yang sanggup menembusnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari agar hal tersebut tidak terjadi, maka lebih baik jika menggunakan sistem pengamanan data yang sulit ditembus, seperti enkripsi dan dekripsi data pada kriptografi. Kriptografi secara umum digunakan dalam bidang keamanan data, teknik yang digunakan adalah mengkonversikan data ke dalam bentuk tertentu seperti menggunakan persamaan matematis contohnya algoritma kriptografi.
Jika data penting seperti arsip dan lain sebagainya dibuat dengan sistem keamanan yang menggunakan algoritma kriptografi yang dapat mengenkripsi maupun mendekripsi data, maka data tersebut besar kemungkinan terjamin keamanannya untuk waktu yang cukup lama.

Ada berbagai macam jenis algoritma kriptografi yang sekarang ini telah ada dan sedang dikembangkan, salah satu diantaranya algoritma kunci simetris ataupun asimetris (pembagian berdasarkan kunci). Salah satu metode enkripsi data adalah algoritma serpent. Serpent merupakan algoritma cipher blok yang memiliki ukuran blok sebesar 128 bit dan mendukung ukuran kunci sebesar 128, 192, atau 256 bit.
Di dalam membuat penelitian ini adapun judul yang di angkat oleh penulis adalah �PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN DATA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SERPENT�.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana proses enkripsi dan dekripsi algoritma serpent?
  2. Bagaimana cara merancang sistem keamanan data menggunakan algoritma serpent dalam mengamankan data? 
  3. Bagaimana mengimplementasikan algoritma serpent dalam membuat bentuk aplikasi sederhana?


1.3 Batasan Masalah
Agar pembahasan pada penelitian ini tidak menyimpang, maka penulis akan memberikan beberapa batasan masalah sebagai berikut :
  1. Dalam penelitian ini hanya membahas mengenai proses penyandian yang meliputi proses enkripsi dan dekripsi data menggunakan algoritma serpent. 
  2. Membahas  proses penyandian yang dilakukan pada data format *.txt pada saat menginput *.txt.
  3. Hanya mengenkripsi dan dekripsi 16 karakter huruf. 
  4. Panjang kunci dan plaintext tidak harus sama. 
  5. Menggunakan ukuran blok sebesar 128 bit dengan ukuran kunci 128 bit. 
  6. Proses enkripsi dan deskripsi dilakukan secara sederhana hanya pada data yang disimpan di dalam storage, bukan pada data yang dikirim (ditransmisikan) dalam suatu saluran komunikasi. 
  7. Bahasa pemrograman yang digunakan ialah Microsoft Visual Basic 6.0.


1.4 Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini dapat memberikan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan, yaitu :
  1. Menganilisis proses enkripsi dan deskripsi algoritma serpent. 
  2. Merancang suatu sistem keamanan data menggunakan algoritma serpent yang dapat digunakan dalam hal pengamanan data agar tidak dapat diganggu oleh pihak yang tidak berhak, sehingga keamanan data tetap terjaga. 
  3. Mengimplementasikan algoritma serpent dalam membuat sebuah aplikasi sederhana.

Dan adapun manfaat dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mempermudah keamanan data agar dapat terjaga dengan menggunakan algoritma serpent.

1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan:
  1. Studi Pustaka

Yaitu mempelajari buku-buku, jurnal, dan bahan materi yang berkaitan dengan pembahasan untuk mendukung penelitian ini. 

2.   Analisa dan Perancangan
a. Analisa
 Menganilsa cara kerja algoritma serpent

b. Perancangan
Berupa prosedur dengan dasar pembuatannya mengacu pada langkah-langkah yang ada dalam landasan teori sesuai dengan topik yang dibahas.

c. Pembuatan Program
Mendesain interface pada program yang akan dibuat pada aplikasi keamanan data.

d. Pengujian
Pengujian dilakukan dengan mencoba aplikasi keamanan data yang telah dibuat. Apabila terjadi kesalahan atau kekurangan dalam aplikasi tersebut, maka akan dilakukan pemograman ulang serta untuk mendapatkan kesimpulan dan saran.

3. Membuat laporan penelitian.

1.6 Sistematika Penulisan 
Untuk mendapatkan gambaran umum dari penelitian ini, maka penulis akan membagi sistematika penulisannya :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan atau manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bagian bab ini penulis akan menguraikan pengertian keamanan data, Pengertian Kriptografi dan sejarahnya, sejarah serpent, dan pengertian serpent.

BAB III :  ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini membahas cara kerja algoritma serpent dalam sistem pengamanan data, dan analisa permasalahan dan kebutuhan algoritma serpent.

BAB IV : PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI 
Pada bab ini berisikan tentang gambaran rancangan program dan implementasi dalam pengamanan data menggunakan algoritma serpent.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN 
Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran dari penelitian ini.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar