Rabu, 31 Juli 2013

Cara Berlatih Ketenangan Hati

Cara Melatih Ketenangan Hati Dan Pikiran


Banyak cara untuk menenangkan hati, tapi cara yang paling ampuh adalah hanya cukup yakin dan percaya padaNya. Tak perlu mencari ketenangan hati atau kedamaian pada orang lain. Percayalah, kedamaian itu ada pada diri kita sendiri.

Hidup ini keras untuk kita dan terlalu keras untuk yang berjiwa lemah. Masalah selalu datang silih berganti. Ya, semua orang pasti pernah mendapat masalah dalam kehidupan. Ada masalah yang kita anggap berat dan ringan mewarnai masa pendewasaan diri. Tapi ada hal yang perlu dilakukan ketika mendapat masalah atau pun kesusahan, yaitu ringankanlah hati kita, jangan biarkan dikepung kesusahan. Sebab dia (kesusahan) akan merampas harapan & jalan keluar. Percayalah, kesulitan pasti usai juga.

Janganlah jadi manusia yang bermalas-malasan. Jika memang kita masih dapat melakukannya, maka lakukanlah. Dan untuk hal yang benar-benar diluar kemampuan kita, yakinlah Allah selalu bersama kita untuk menolong.

Saya sendiri masih selalu merasa khawatir dengan segala hal yang sudah dan akan terjadi. Namun, ketika menepisnya dan berusaha menyerahkan segala urusan padaNya, insya Allah beban di hati akan menjadi ringan. Susah? Ya memang susah ketika menjalani, tetapi akan mudah saat mengingat betapa besarnya kekuasaan Allah

Sepertinya dari kita mungkin pernah merasa bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup terasa tidak adil untuk kita. Tapi pernahkah berpikir tentang hikmah yang berada dibaliknya? Hikmah itulah yang harus kita gali dan syukuri. Percayalah, semuanya telah terencana dengan indah dan sempurna olehNya.

Sedih sekali ketika orang-orang yang kita sayang pergi meninggalkan kita. Entah dipanggil olehNya, ataupun memang sengaja meninggalkan kita. Kebahagiaan terasa jauh dan berpaling dari kita. Namun, tahukah bahwa kebahagiaan kita itu bukan terletak pada mereka, tetapi pada Allah yang bertempat di hati. Jadi teringat pesan sahabat fb saya, dia mengatakan,�Jangan pernah tergantung atau menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain. Jika kamu sanggup, kamu akan bahagia.� Tidak mudah? Ya, memang tak mudah dalam penerapannya, tetapi dari situlah kita mampu berusaha memperbaikinya.

Kunci sukses? Kadang saya tak dapat menjawabnya apa itu kunci sukses dan apa itu sukses. Karena kesuksesan juga ada pada hati kita sendiri, bagaimana kita dapat memanage hati ketika kegagalan menghampiri. Tapi kunci kegagalan menurut saya adalah memohon, berharap ataupun bergantung pada manusia. Yakinlah dengan kebesaranNya, sukses itu dapat kita genggam dengan tawaqal.

Sekali lagi, jangan takut dengan ujian dan cobaan hidup. Ingatlah bahwa semuanya telah diperhitungkan dengan kadar kemampuan tiap manusia. Jika ujian mendatangi, tandanya Allah telah meyakini kemampuan kita untuk memikulnya.

Kehilangan atau berpisah dengan hal atau orang-orang yang kita sayangi pasti menjadi hal yang dapat mengusik ketenangan dan ketentraman hati. Kita kadang akan merasa sedih ketika kehilangan sesuatu dalam hidup ini. Tapi, percayalah pada Allah yang akan menggantinya dengan hal yang telah direncanakan olehNya. Karena tak ada perencanaan yang lebih indah dari segala rencanaNya.
Setiap orang baik, pasti punya masa lalu dan setiap mereka yang belum baik, insya Allah masih punya masa depan. Rahmat Allah sungguh luas.

Ada 7 Kunci Ketenangan Diri 

1.Mendekatkan diri kepada-NYA

Salah satu tindakan yang pasti akan membuat batin/hati kita menjadi tenang adalah selalu Mendekatkan diri kepada-NYA,karena DIA-lah pengatur segala kejadian di dunia ini.andaikan hati kita kacau,tentunya ada hal lain yang mendominasi hati kita,andaikan saja hati kita di dominasi oleh ALLAH kita,dijamin hati kita akan tenang.DIJAMIN deh..hehe

2. Jangan tergantung terhadap orang lain

Kunci ketenangan hati yang selanjutnya adalah PD atau percaya diri dan tidak tergantung pada orang lain.cobalah untuk bersikap mandiri dan percaya akan kemampuan yang kita miliki,percayalah pada diri sobat sendiri dan yakin lah bahwa sobat selalu bisa melakukannya sendiri.

3. Positive thinking

Jangan biarkan pikiran sobat berprasangka buruk atau negative thinking,karena ALLAH akan mengabulkan apa yang hambanya rasakan dalam hatinya.dan lagi pula bernegative thinking juga tak ada manfaatnya sedikitpun,cobalah untuk berfikir positif,karena dengan berpikiran positive akan membawa pada suatu yang bermanfaat tentunya

4. Jangan mengingat penyesalan di masa lalu

hidup itu mudah, buatlah dalam suatu perbuatan kita dengan keputusan dan jadikan masa lalu menjadi sebuah pelajaran untuk menjadi yang lebih baik.bukalah lembaran baru hidup sobat dan tataplah bahwa pejalanan hidup selanjutnya akan selalu disertai dengan kesuksesan seperti yang soabt rencanakan.

5. Jangan pernah menyimpan dendam di hati

 dendam itu di ibaratkan sebagai racun dalam hati kita, jika kita terus menyimpan racun di dalam tubuh kita,maka dapat dipastikan tubuh akan hancur,begitu pula dengan dendam,jika kita terus menyimpannya maka alhsil hati kita akan keruh dan tak jernih lagi.maka jauhilah itu..

6. Jauhi sifat terburu-buru

aset dalam kehidupan bukan harta tapi waktu. maka pergunakan waktu dengan baik dan semaksimal mungkin denagn hal-hal yang bermanfaat.dan jauhilah sifat terburu-buru karena terburu-buru adalah sifatnya setan.

7. Jangan khawatir dengan hari esok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar