Senin, 01 Oktober 2012

apa itu Myob Accounting

Tentang MYOB Accounting Versi 17

MYOB (Mine Your Own Businesses) Accounting merupakan Versi MYOB Accounting terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan MYOB Accounting Tecnology Pty Ltd. Didalam MYOB Accounting Plus 17 ini, terdapat beberapa penambahan fitur, salah satunya dalah fasilitas Undo Rekonciliation yang dapat digunakan untuk membatalkan rekonsiliasi bank. MYOB menyediakan berbagai macam Versi yang dapat dipilih sasuai dengan kebutuhan Perusahaan. Berikut ini penjelasan singkat tentang  MYOB :
MYOB Accounting
Dapat digunakan oleh perusahaan yang administrasi pembukuannya hanya dilakukan oleh satu orang dan transaksi keuangan perusahaan hanya menggunakan satu jenis mata uang.
MYOB Accounting Plus
Pada dasarnya sama dengan MYOB Accounting,hanya terdapat penambahan modul Peyroll dan Time Billing.
MYOB Premiere Accounting
Dapat digunakan oleh perusahaan yang menggunakan lebih dari satu mata uang (Multy Currency) untuk transaksinya,dapat juga digunakan secara Multy User.
MYOB Premiere Accounting Enterprise
Pada prinsipnya sama dengan MYOB Premiere. Pada Versi ini menggunakan terminal service,sehingga sangat mendukung kecepatan proses jaringan. Dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan Workstation cukup banyak.
  
Daftar Menu Program Mayob Accounting
Adapun menu program yang terdapat pada myob versi 17 adalah sebagai berikut :

a.  Menu Account.
Pengertian Menu account adalah menu yang digunakan untuk menginput, mengubah, menambah dan menghapus nama-nama perkiraan yang digunakan dalam suatu perusahaan ( dagang, jasa, dan manufaktur ).
Fungsi menu account:
� Untuk membuka jendela Account List yang memuat informasi account yang sudah disediakan myob17.
� Membuka jendela Record Journal Entry, di mana dapat memasukkan transaksi-transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
� Untuk membuka jendela Transaction Journal, di mana dapat melihat informasi atas seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
� Untuk menampilkan jendela Baslink, di mana kita dapat menetapkan bussines account statement ( Pernyataan jenis bisnis ).
� Untuk menampilkan jendela Send To Myob Account Office, dimana kita dapat menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim selalu e-mail.

b.  Menu Banking

Pengertian Menu Banking adalah model yang digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan ataupun diterima perusahaan.
Fungsi menu-menu pada banking adalah :
�  Spend money
Dapat digunakan untuk mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun-akun cek.
�  Reconcile account
Dapat merekonsiliasi / mencocokkan catatan bank dengan catatan perusahaan.
�  Receive money
Dapat mencatat atau memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
�  Print cheques
Dapat mencetak cek-cek yang anda buat dari jendela spend money
�  Transaction journal
Dapat melihat semua pengeluaran kas yang telah anda lakukan
�  Prepare electronic payments
Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan payments
�  Prepare bank deposit
Dapat menyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana melalui cek.

c. Menu sales
Pengertian menu Sales adalah seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penjualan dan piutang dagang.
Fungsi menu-menu pada sales adalah :
�  Sales register
Dapat melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
�  Enter sales
Dapat mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
�  Receive payments
Dapat mencatat penerimaan dari penjualan dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
�  Print statements
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar
Print invoices
Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang anda catat di sales � new service.
�  Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pada tabulasi sales.

d. Menu Time Billing
Pengertian Menu Time billing adalah modul yang digunakan untuk menvatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
Fungsi menu-menu pada Time Billing adalah :
�  Activities list
Dapat membuat informasi yang dilakukan perusahaan
�  Enter activity slip
Dapat mencatat slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai catatan atau arsip
�  Activity log
Dapat menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat oleh perusahaan
�  Prepare time billing invoice
Dapat mencetak faktur-faktur penagihan untuk pelanggan
�  Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi sales.

e. Menu Purchase

Pengertian Menu Purchase adalah modul yang dapat memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai spensifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat waktu kepada pemasok dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat.
Fungsi menu-menu pada purchase  adalah :

�  Preapare electronic payment
Dapat memproses pembayaran atas pembelian
�  Enter purchase
Dapat mencatat transaksi pembelian yang sedang berlansung baik secara tunai maupu kredit
�  Paybills
Dapat mencatat pembayaran-pembayaran dari pembelian yang belum terbayar (utang usaha) kepada pemasok
�  Print Purchase Orders
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
�  Print Cheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian, pembayaran utang, serta retur pembelian
�  Purchase register
Dapat melihat hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan retur pembelian
�  Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi purchase.

f. Menu Payroll

Payroll adalah modul yang digunakan untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian.
Fungsi menu-menu pada payroll adalah :

�  Payroll categeories
Dapat membuat dan mengedit kategori-kategori gaji
�  Pay employee
Dapat mencatat dan mengedit gaji karyawan
�  Print paycheque
Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian
�  Print payment summaries
Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar
�  Prepare electric payments
Dapat memproses pembayaran karyawan, uatang, dan pembayaran lain yang melalui cek
�  Transaction journal
Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi disbursement.

g. Menu Inventory
Menu Inventory Merupakan menu program yang digunakan untuk mengelola persediaan secara tepat dan akurat di mana dapat mengecek barang-barang yang dijual dan dengan pengaturan menajemen persediaan yang baik, mengelola jumlah persediaan, nilai nominal suatu barang dagang serat penyusunannya, menetapkan harga jual dan harag beli dan menyediakan atau merakit barang dagangan menjadi satu satuan yang kompleks beserta harga yang ditetapkan.
Fungsi menu-menu pada inventory adalah :

�  Set item prices
Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan )
�  Item list
Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan
�  Count inventory
Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan
�  Adjust inventory
Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan
�  Transfer inventory
Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan
�  Auto-build inventory
Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen
�  Transaction journal
Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan
�  Item register
Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.

h. Menu Card File
Card File Adalah menu yang digunakan uantuk melihat daftar orang, karyawan, ataupun perusahaan lain yang berhubungan dengan perusahaan anda. Selain itu juga dapat menambah isi daftar anda bilamana pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis anda bertambah.
Fungsi menu-menu pada card file adalah :
�  Card list
Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat
�  Contac log
Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan
�  Print mailing labels
Dapat menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu
�  Create personalized letters
Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar