Kamis, 11 Oktober 2012

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dipakai

 Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dipakai

Pada kesempatan ini saya akan share pengetahuan saya tentang cara memperbaiki flasdisk yang tidak dapat digunakan lagi,

flashdisk teman saya yang ber-merk Kingston G2 tidak dapat berfungsi. Entah mengapa ketika saya menancapkan flashdisk tersebut ke komputer , muncul pesan bahwa flashdisk tersebut belum diformat. Dan setelah diformat lewat my computer, tetap saja flashdisk error saat dibuka , bahkan ukuran space flashdisk tersebut berubah menjadi hanya 0 byte. Berkali-kali saya coba memformat flashdisk tersebut, tetap saja tidak membuahkan hasil.

Lalu saya coba cari cari tentang cara memperbaikin flashdisk, ada yang menyarankan memakai software HP USB Disk Storage Formatter Tool (download di sini). Software tersebut pada prinsipnya memformat flashdisk secara penuh. Namun ternyata, lagi-lagi proses format gagal, flashdisk tetap tidak bisa dipakai.

Bingung karena gada solusi, saya coba membuka flashdisk teman saya. Di situ terlihat ada dua komponen berwarna gelap yang berbentuk segi empat. Komponen yang lebih besar adalah modul memory, modul memory tersebut menentukan besarnya kapasitas flashdisk. Komponen yang lebih kecil adalah mikrokontroller. Mikrokontroller mengendalikan segala aktifitas pembacaan dan penulisan pada flashdisk.

Setelah dicermati, merek dari mikrokontrollernya adalah SSS6691. Saya menemukan ide untuk memprogram ulang (reFlash) mikrokontroller tersebut.


Lalu saya search eyang google lagi dengan mencantumkan nama "SSS6691", pada sebuah situs berbahasa rusia, saya menemukan tool untuk memprogram ulang SSS6691 yang merupakan mikrokontroller pada flashdisk KIngston G2.
Lalu saya download SSS6691 v.2.159 (U3S MPTOOL) tersebut, jalankan.....dan Abracadabra,,,,,

Flashdisk berfungsi normal kembali!!! Download SSS6691 di sini
setelah itu gunakan juga Software ini Flash Memory Toolkit 1.20 PRO  Download di Sini

Semoga Berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar