Minggu, 04 Agustus 2013

Skripsi - Perancangan Aplikasi Antivirus

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
        Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949, salah seorang pencipta komputer, John Von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul �Theory and Organization of Complicated Automata�. Dalam makalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya. Perkembangan virus komputer selanjutnya terjadi di AT&T Bell Laboratory salah satu laboratorium komputer terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal, seperti bahasa C dan C++ (http://www.google.com/ diakses tanggal 15 April 2010). Contoh sederhana file eksekusi yang di infeksi adalah sebuah program file *.com atau *.exe, file lampiran atau juga file library yang digunakan oleh file EXE (Membuat & Membasmi Virus Komputer, Team Cyber, 2009, hal: 7). 

Memilih antivirus yang tepat bisa menjadi persoalan yang mudah sekaligus juga bisa sulit. Mudah karena saat ini begitu banyak pilihan aplikasi antivirus mulai dari antivirus buatan lokal sampai antivirus buatan orang luar, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar dan menjadi sulit karena perkembangan virus komputer yang cepat membuat virus komputer yang bertebaran membutuhkan sebuah antivirus yang dapat mengatasi semua virus . Suatu program atau script apapun yang bersifat merusak atau merugikan, dapat di kategorikan sebagai malcode termasuk virus komputer, worm atau Trojan.

Perkembangan yang begitu pesatnya menyebabkan begitu banyaknya pengaruh, bahkan banyak virus dewasa ini di dominasi oleh virus-virus lokal dimana perkembangan virus lokal juga cukup mengkhawatirkan banyak pengguna komputer. Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga dengan Virus Protection Software. Aplikasi antivirus ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.
Berdasarkan data diatas, maka penulis ingin sekali mengangkat sebuah skripsi dengan judul �Perancangan Aplikasi Antivirus dengan menggunakan metode Boyer Moore.�.

1.2  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan permasalahan diatas maka penulis merumuskan permasalahan dalam skripsi ini, adalah :

  1. Bagaimana Mengenal pola virus 
  2. Bagaimana menerapkan metode Boyer Moore untuk membuat Antivirus
  3. Bagaimana Mengetahui teknik Perancangan Sebuah Antivirus dengan Metode Boyer Moore

1.3  Batasan Masalah
Oleh karena permasalahan dan keterbatasan waktu serta pengetahuan penulis dan agar pembahasan tidak menyimpang dari tujuan maka dilakukan pembatasan masalah sebagai berikut :

  1. Aplikasi Anti Virus ini ditujukan kepada masyarakat luas khususnya para  pengguna komputer agar dapat memperbaiki komputer mereka sendiri yang terinfeksi oleh virus-virus diatas.
  2. Aplikasi Anti Virus ini hanya untuk membahas khusus bagaimana cara kerja Antivirus tersebut.
  3. Antivirus ini hanya dipergunakan sebagai bahan pembelajaran dan penelitian  untuk mendeteksi virus pada sistem operasi Windows.

1.4  Tujuan Penelitian
Dari hasil penelitian yang dilakukan, adapun tujuan yang ingin dicapai dalam merancang Aplikasi Antivirus yaitu :

  1. Untuk Mengetahui teknik Perancangan Antivirus dengan menggunakan Metode Boyer Moore. 
  2. Untuk Menerapkan Pencarian String dengan menggunakan Metode Boyer Moore.


1.5  Manfaat Penelitian

  1. Menambah pengetahuan dalam merancang Aplikasi Antivirus yang lebih baik untuk perancangan ke depan kelak.
  2.  Mengetahui lebih jauh cara kerja Antivirus yang ada.    


1.6  Metode Penelitian
Skripsi sebagai sebuah karya ilmiah dilakukan dengan beberapa tahapan sesuai dengan hasil yang ingin dicapai. Adapun tahapan yang dilakukan untuk penyusunan skripsi ini adalah : 

1. Tahapan Perencanaan studi lapangan

a. Observasi terhadap data-data  
b. Wawancara kepada beberapa pengguna komputer (user)
c. Mengumpulkan beberapa informasi virus
d. Dokumentasi hasil dari observasi kedalam lembar kerja.

2. Studi pustaka dengan mengumpulkan data-data dari berbagai sumber seperti buku referensi, perpustakaan dan sumber-sumber lainnya.

1.7   Sistematika Penulisan
Untuk mengerjakan tugas akhir ini penulis membuat sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I     : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang pemilihan     judul, perumusan masalah, ruang lingkup masalah tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.

BAB II   : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis akan membahas dasar-dasar teori kenapa  penulis mengangkat permasalahan/judul tersebut.

BAB III  : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini membahas analisa sebuah Aplikasi AntiMalcode, informasi pengolahan database pattern internal dan perancangan AntiMalcode

BAB IV  : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab ini membahas tentang algoritma program perangkat lunak aplikasi, serta implementasi metode pada program.

BAB V   : KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi tentang kesimpulan dari pembahasan program aplikasi serta saran pembahasan untuk pengembangan program aplikasi ini, serta kelebihan dan kekurangan progam aplikasi.

untuk kelanjutan bab2 samapai bab5 program dan daftar pustaka anda bisa menghubungi admin blog ini klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar