Jumat, 07 Juni 2013

Khasiat dan Manfaat Sarang Burung Walet

Burung walet adalah burung dari keluarga Apodidae. Burung ini mirip dengan burung layang-layang, namun sebenarnya sama sekali tidak memiliki hubungan kekerabatannya dengan spesies burung pengicau. Burung walet lebih masuk dalam ordo Apodiformes, satu ordo dengan burung kolibri.

Kemiripan antara burung walet dengan burung layang-layang merupakan akibat dari evolusi konvergen, dimana kedua jenis burung memiliki gaya hidup yang sama, yakni menangkap serangga pada saat terbang.
Nama keluarga Apodidae diambil dari bahasa Yunani kuno ap???, apous, yang berarti "tanpa kaki". Hal ini disebapkan burung walet memiliki kaki yang sangat pendek, dan sangat jarang berdiri di tanah, melainkan lebih suka menggantung di permukaan yang tegak lurus.


Sarang burung walet sendiri dipercaya memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai obat penyakit pernafasan, menambah kebugaran tubuh, memperhalus kulit sera bikin kulit cantik. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sarang burung walet di antaranya adalah protein cukup tinggi serta kandungan mineral lainnya seperti kalsium, kalium, fosfor, nitrogen, natrium dan Fe.

Berdasarkan pengobatan China, sarang walet juga dapat menstimulasi pertumbuhan sel sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit serta suplemen makanan untuk tubuh agar selalu nampak segar dan awet muda.

Nah berikut ini adalah Khasiat Sarang Burung Walet bagi Kesehatan selengkapnya :

1. Melancarkan saluran pencernaan
Sarang burung walet memiliki zat kolagen yang berguna memperlancar pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan dan juga memperbaiki saluran pencernaan.

2. Meyembuhkan batuk
Selain itu, sarang walet juga ternyata berkhasiat menyembuhkan penyakit batuk.dan mengurangi dahak. Sarang walet juga merupakan nutrisi bagi paru-paru yang bermanfaat menguatkan saluran pernapasan.

3. Mengurangi rasa sakit wanita hamil
Sarang walet juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit punggung wanita hamil serta menguatkan paru-paru bayi yang ada di kandungan.

4. Selalu bugar dan awet muda
Mengkonsumsi sarang burung walet bisa meningkatkan metabolismu, menghambat penuaan dini, menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

5. Mengurangi efek negatif nikotin
Sarang burung walet juga merupakan makanan sehat untuk para perokok. Bahan ini dapat mengurangi efek negatif yang ditimbulkan dari nikotin dalam rokok yang menimbulkan seseorang kecanduan merokok.

Nah itulah tadi beberapa Khasiat Sarang Burung Walet bagi Kesehatan.
Semoga bermanfaat.

Harga sarang burung walet di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah, masih bertahan berkisar antara Rp4 juta hingga Rp5,5 juta per kilogram, tergantung kualitas. "Kalau dijual borongan (campuran) yang utuh dan patah harganya sekitar Rp4 juta, tapi kalau dipilah khusus yang bagus misalnya sarang mangkok dan sudut yang bagus, itu kisaran Rp5 juta sampai Rp5,5 juta,"kata Liyan, salah satu pengusaha walet di Sampit Senin.

Liyan menyebut harga saat ini cukup stabil meski tidak sebagus tahun-tahun sebelumnya. Sekitar tiga tahun lalu, pelaku bisnis sarang walet di Kotim 'booming' lantaran harga sarang walet saat itu mencapai puncaknya sekitar Rp15 juta per kilogramnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar