Minggu, 28 April 2013

Syarat Syarat Zakat bagi Muslim

Syarat Syarat Zakat bagi Seorang Muslim

pada kesempatan ini admin akan menerangkan apa saja syarat syarat yang harus di penuhi dalam memberikan zakat . Adapun syarat-syarat dari harta yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah:

  1. Harta itu dikuasai secara penuh dan dimiliki secara sah yang didapat dari usaha, bekerja, warisan atau pemberian yang sah, dimungkinkan untuk dipergunakan, diambil manfaatnya atau kemudian disimpan.
  2. Harta yang berkembang jika diusahakan atau memiliki potensi untuk berkembang. Misalnya, harta perniagaan, peternakan, pertanian, deposito, obligasi, tabungan dan sejenisnya.
  3. Telah mencapai nisab, yaitu harta telah mencapai ukuran tertenu seuai dengan jenisnya. Misalnya untuk hasil pertanian telah mencapai 520 kg beras, perniagaan telah mencapai senilai dengan 85 gram emas murni dan seterusnya.
  4. Telah melebihi kebutuhan pokok yaitu kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya untuk hidup layak.
  5. Harta telah mencapai umur satu tahun (haul), untuk zakat harta tertentu.
nah itu syarat syarat bagi seorang muslim untuk memberikan zakat, mudah mudahan tulisan admin disini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar