Senin, 01 April 2013

Penyakit Asam Urat - Gout Artritis

GOUT ARTRITIS  (PENYAKIT ASAM URAT)

PENGERTIAN Penyakit Asam Urat

Gout adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh metabolisme abnormal purin yang ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Hal ini di ikuti dengan terbentuknya timbunan kristal berupa garam urat di persendian yang menyebabkan peradangan sendi pada lutut dan / atau jari.


 GEJALA
  1. Kesemutan dan linu biasanya terjadi pada persendian kaki, lutut dan tangan.
  2. Nyeri terutama malam hari atau pagi hari pada saat bangun tidur.
  3. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam atau pagi hari.

PENYEBAB Penyakit Asam Urat

  1. Pengendapan kristal urat di sekitar sendi yang menimbulkan rasa linu dan sakit. Kristal urat disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat dalam darah.
  2. Normalnya asam urat akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang  mengandung banyak purin.
HASIL LABORATORIUM (DIAGNOSA)
Penyakit gout tidak mudah didiagnosis hanya dengan pemeriksaan darah, karena kebanyakan orang yang mempunyai kadar asam urat yang tinggi tidak terkena penyakit gout. Pemeriksaan tambahan yang paling bisa diandalkan untuk penyakit gout adalah menemukan kristal asam urat di dalam cairan sendi dengan cara aspirasi cairan sendi (arthrocentesis).

Arthrocentesis merupakan prosedur umum yang dilakukan dengan  anestesi lokal.  Dengan menggunakan teknik yang steril, cairan diambil dari sendi yang meradang  menggunakan suntikan dan jarum.  Selain itu gout juga dapat di diagnosis dengan menemukan kristal asam urat dari benjolan tophi.

PENCEGAHAN Penyakit Asam Urat

  1. Batasi asupan daging merah, seafood karena makanan tinggi protein dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  2. Hibdari alcohol.
  3. Hindari asupan lemak yang berlebihan
  4. Tingkatkan asupan karbohidrat kompleks sperti grains (beras merah, oatmeal, pasta, roti, gandum).
  5. Pertahankan berat badan ideal, penurunan berat badan dapat dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
  6. Banyak minum air putih 2-3 liter/hari.

PENGOBATAN Penyakit Asam Urat

Gout secara umum diobati dengan obat anti inflamasi. Yang termasuk didalamnya adalah:
  1. NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen, secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak, obat ini bisasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam.
  2. Kortikosteroid, dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAIDs. Steroid bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat di suntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil.
  3. Colchicine sering juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout.
  4.  Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan fungsi ginjal yang kurang, selain itu dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan kerusakan hati.

MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARUS DIHINDARI ADALAH Penyakit Asam Urat:

  1. Makanan yang banyak mengandung gas, antara lain : Sayuran (sawi dan kol), Buah - buahan (nangka, kedongdong ataupun buah - buahan yang dikeringkan), Minuman yang mengandung soda, kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus.
  2. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju
  3. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung : yang mengandung cuka,  yang terlalu pedas, Merica cokelat, alkohol, makanan lemak tinggi, gorengan, karena dapat melemahkan klep kerongkongan bawah, beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, tales, dodol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar